invisible hit counter

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Gejala Penyakit Jantung Pada WanitaMungkin selama ini Anda berpikir bahwa penyakit jantung paling banyak menyerang pria daripada wanita. Faktanya ternyata penyakit jantung lebih banyak merenggut nyawa wanita dibandingkan dengan pria setiap tahunnya. Di dunia ada 42% wanita dan hanya 24% pria yang meninggal setelah satu tahun berselang sejak mendapatkan serangan jantung pertama kalinya. Mengapa penyakit jantung pada wanita terjadi? Alasannya bahwa kebiasaan para wanita yang kurang berolahraga. Bekerja dengan posisi duduk dalam waktu lama yang sangat beresiko terkena gejala penyakit jantung bagi wanita. Penyebab lain dari gejala penyakit jantung pada wanita yakni masa menopouse.Wanita yang telah memasuki masa menopouse lebih rentan mengalami gejala penyakit jantung. Gejala penyakit jantung pada wanita membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pengamatannya yakni selama sekitar 10 tahun dibandingkan pria. Biasanya dokter memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengenali gejala penyakit jantung yang terjadi pada wanita karna gejala penyakit jantung wanita dan pria mempunyai perbedaan. Lantas apa sajakah gejala penyakit jantung pada wanita?. Berikut ini ulasannya.

Beberapa Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Berikut adalah gejala penyakit serangan jantung pada wanita yang dapat Anda ketahui yang tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan dan diagnosa sejak dini.

  • Dada yang terasa sesak nafas
  • Batuk
  • Berkeringat
  • Merasa gelisah atau cemas
  • Merasa mudas pusing dan lemas
  • Merasa mual sebagai akibat dari ganguan pencernaan
  • Terasa sakit pada perut bagian dalam
  • Rasa sakit pada bagian lengan sebelah kiri, rahang, leher, dan punggung
  • Sakit dan nyeri pada bagian dada yang terasa tertekan dan sempit serta teremas pada bagian tengahnya. Rasa sakit yang dialami ini biasa terasa sangat parah. Namun pada wanita yang terkena diabetes serta orang tua tidak akan merasakan sakit sama sekali.
  • Gejala jantung koroner pada wanita seperti terasa terbakar pada perut bagian atas, sangat mudah merasa lelah, ganguan tidur dan stress. Ini terjadi karena terbentuknya plak didinding ateri, dan pada akhirnya mengangu sistem peredaran darah
  • Serangan jantung terjadi karena sumbatan dipembuluh darah yang memasok oksigen dalam darah ke jantung. Gejala pada wanita akan terasa sakit dan mengalami tekanan pada bagian dada sebelum terkena serangan jantung ini. Serta gejala penyakit jantung pada wanita yang lain ialah detak jantung yang tidak teratur. Gejala lainya adalah Henti jantung bisa terjadi akibat komplikasi serangan jantung.

Semua gejala penyakit jantung pada wanita yang sudah disebutkan diatas belum tentu dialami oleh penderita secara keseluruhan bahkan ada penderita yang tidak mengalami gejala sama sekali. Penderita yang tidak mengalami gejala sama sekali biasanya akan mengalami henti jantung seketika. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk cek kesehatan secara berkala dan mengetahui apa saja gejala penyakit jantung pada wanita guna menghindari hal buruk yang terjadi pada kesehatan kita.

Semoga Bermanfaat