invisible hit counter

Gejala Demam Berdarah Pada Bayi

Gejala Demam Berdarah Pada BayiArtikel ini akan membahas tentang gejala demam berdarah pada bayi. Namun sebelum kita membahas apa saja gejalanya kita akan membahas tentang demam berdarah. Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewet gihgitsan nyamuk Aedes aegipty yang berkelamin betina dengan ciri-ciri nyamuk berkaki empat dengan belang-belang putih yang biasanya menggigit manusia pada siang hari. Ketika sistem kekebalam pada bayi rendah bias menyebabkan kematian, namun ketika bayi memiliki sistem kekebalam yang tinggi dan baik tinggkat keparahan penyakit ini tidak serius. Berikut adalah beberapa gejala demam berdarah pada bayi.

Apa Saja Gejala Demam Berdarah Pada Bayi?

Gejala demam berdarah pada bayi awalnya seperti penyakit lain misalnya campak, radang tenggorokan serta tifus. Dan dibawah ini adalah beberapa gejala demam berdarah pada bayi selanjutnya.

  1. Demam

Demam mendadak tinggi hingga 40°C, bola mata bayi menjadi kemerahan, lemas, kaki serta tangan terasa dingin. Sampai hari keempat demam akan kembali tinggi dan bayi akan tampak sangat sakit. Badsan bayi akan semnakin lemas Karena nafsu makan hilang dan bias terjadi mual hingga muntah.

  1. Ruam

Setelah demam mereda timbul ruam diarea leher, punggung, dada dan akan menyebar ke seluruh tubuh. Ruam berwarna merah akan menetap pada tubuh dalam jangka waktu hari hingga minggu. Ruam ini akan menjadi benjolan kecil yang berair bening, warna didalam benjolan menjadi keruh, serta benjolan tersebut akan mongering dalam waktu 24 jam.

  1. Tanda pendarahan

Tanda-tanda pendarahan pada demam berdarah yang terjadi relative ringan. Bintik merah diujung tempat gigitan nyamuk. Cara membedakan binti-bintik ini merupakan pendarahan atau bukan ialah dengan cara memukul ringan bintik tersebut jika menghilang itu bererti gigitan nyamuk biasa namun jika menetap itu berarti gejala demam berdarah pada bayi.

Artikel Terkait