invisible hit counter

Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Gejala Demam Berdarah Pada AnakSebelum kita membahas gejala demam berdarah pada anak, kita akan membahas terlebih dahulu apa itu demam berdarah. Demam berdarah diakibatkan oleh virus, virus ini berasal dari nyamuk yang berkembangbiak diwilayah yang bersuhu panas atau tropis. Nyamuk Aedes Aegypti merupakan jenis nyamuk dalam genus Aedes adalah carier virus demam berdarah. Berhubung Indonesia adalah wilayah yang tropis kita harus waspada terhadap demam berdarah ini. Anda tenang saja demam berdarah tidak dapat ditularkan kecuali nyamuk Aedes menggigit manusia. Gigitan nyamuk tersebut yang akhirnya masuk kedalam poeredaran darah dan mengganggu kestabilan trombosit. Pada anak-anak gejala demam berdarah terkadang sulit diketahui, bahkan ada beberapa yang tidak memiliki gejala sama sekali. Namun secara umum, demam berdarah ini memiliki gejala seperti panas tinggi, pusing dan muntah sama seperti gejala penyakit lainnya. Sehingga sampai sekarang terjadi kesalahan diagnosis. Oleh karena itu anda harus mengenali lebih dalam apa saja gejala demam berdarah pada anak.

Beberapa Gejala Deman Berdarah Pada Anak

  1. Demam muncul setelah 4 hari hingga 2 minggu.

Umumnya gejala demam berdarah pada anak akan muncul 4 hari hinga 2 minggu setelah tergigit nyamuk yang terinfeksi.

  1. Sakit kepala

Ada fase dimana anak mengalami gejala yang akan membuat mereka terbangun dari tidurnya pada malam hari ketika sakit kepala atau panas yang tinggi. Jika anak mimiliki ketebalan tubuh yang tinggi anak akan menghadapi fase ini namun sebaliknya jika anak yang memiliki kekebalah yang rendah dia akan merasa sakit yang sangat menganggu dan menangis.

  1. Rasa mual dan nyeri

Gejala demam berdara pada anak ialah rasa mual yang disertai nyeri yang dapat diperparah apabila anak meminum obat penurun panas yang merangsang lambungnya.

Artikel Terkait