invisible hit counter

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala Penyakit Asam UratSebelum kita membahas apa saja gejala penyakit asam urat, kita akan membahas apa dan penyebab dari penyakit asam urat itu sendiri. Penyakit ini terjadi dari sisa metabolisme (proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup) dan zat purin (zat yang terdapat didalam makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup). Sisa metabolisme dan kandungan zat purin didalam tubuh ini sebenarnya berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari – hari. Pada umumnya, penyakit ini diderita oleh orang-orang yang berusia 30 tahun keatas. Namun jangan meremehkan gejala penyakit asam urat karena penyakit ini bukan penyakit yang ringan. Karena jika sedang kambuh aktifitas kita dapat terganggu sehingga kita kesulitan untuk bergerak akibat persendian yang bengkak dan rasa sakit yang menganggu serta tulang disekitar sendi akan keropos dan mengalami pengapuran tulang. Bahaya bukan jika penyakit asam urat kita abaikan?. Oleh mengingat bahaya itulah, penting bagi kita untuk mengetahui gejala penyakit asam urat. Apa saja gejala itu?. Selanjutnya kita akan membahas gejala penyakit asam urat.

Beberapa Gejala Penyakit Asam Urat dan Tahapannya

Dibawah ini ada gejala dan tahapan penyakit asam urat yaitu:

  1. Tahapan pertama

Tahapan pertama disebut peradangan asam urat akut. Pada tahap pertama ini si penderita akan mengalami serangan arthritis dan akan menghilang tanpa adanya pengobatan dalam jangka waktu 5-7 hari. Seringkali penderita asam urat menduga kakinya hanya terkilir karena rasa sakit yang cepat mereda. Setelah serangan pertama ini penderita asam urat akan masuk pada tahap gout interkritikal. Dimana penderita dalam keadaan sehat dalam jangka waktu tertentu. Ada yang sampai 10 tahun, tetapi rata-rata jangka waktunya ialah 1-2 tahun karena jangka waktu setiap orang berbeda-beda.

  1. Tahapan kedua

Gejala penyakit asam urat tahapan kedua penderita selanjutnya asam urat akan sering kambuh. Jarang serangan yang satu dengan selanjutnya semakin lama semakin rapat dan lama, serta semakin lama semakin panjang durasi sakitnya. Dan jumlah sendi yang terserang akan semakin banyak si penderita akan menyadari bahwa ia sudah terkena penyakit asam urat.

Artikel Terkait