invisible hit counter

Daftar Makanan Penurun Asam Urat Beserta Pantangannya

Daftar Makanan Penurun Asam Urat Beserta PantangannyaInformasi mengenai apa saja makanan penurun asam urat beserta pantangannya penting diketahui karena penyakit ini mempunyai angka kejadian yang tinggi di masyarakat. Asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari pemecahan zat yang bernama purin dalam sel-sel tubuh. Normalnya, zat purin akan dipecah oleh ginjal dan menghasilkan asam urat yang dikeluarkan bersama urine. Sebagian kecil asam urat juga dihasilkan dari proses pengolahan zat purin pada sistem pencernaan dan dilkeluarkan melalui feses. Apabila zat purin dalam tubuh jumlahnya banyak sedangkan asam urat yang dibuang oleh tubuh sedikit, maka terjadilah penumpukan asam urat di dalam jaringan tubuh. Asam urat yang menumpuk tersebut akan membentuk semacam kristal tajam yang sebagian besar bermuara pada persendian.

Asam urat yang masuk ke dalam ruang sendi dan mengganggu lapisan lunak di dalamnya, akan menimbulkan peradangan sehingga menimbulkan rasa sakit/nyeri pada sendi. Persendian yang paling terasa nyerinya adalah pada bagian kaki dan tangan. Penyakit asam urat diakibatkan karena berbagai faktor, antara lain yaitu terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin, gangguan pada ginjal, penyakit kencing manis, tenanan darah tinggi (hipertensi), konsumsi obat-obatan tertentu (seperti aspirin dan obat-obat penurun tensi), faktor genetik, faktor usia dan kurangnya aktifitas fisik (olahraga). Laki-laki mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk menderita penyakit asam urat daripada wanita, sebab pada seorang wanita terdapat hormon estrogen yang dapat menstabilkan asam urat dalam tubuh dan membuangnya melalui ginjal.

Beberapa Makanan Penurun Asam Urat

Bagi Anda yang menderita penyakit asam urat, mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mudah ditemukan di sekitar kita merupakan cara alami untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa makanan penurun asam urat yang dapat Anda coba:

1. Buah apel

Buah apel merupakan makanan penurun asam urat karena mengandung asam malat. Senyawa ini efektif untuk menetralkan sam urat di dalam tubuh. Selain itu buah apel juga mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh termasuk untuk memperlancar metabolisme tubuh. Zat penting yang terkandung dalam buah apel antara lain Vitamin A, C, B1, B2, niasin, kalium, natrium, zat besi, kalsium, fosfor, pektin, dan serat. Konsumsilah buah apel secara rutin agar Anda terbebas dari penyakit asam urat.

2. Jeruk nipis

Dalam kehidupan sehari-hari jeruk nipis sering digunakan untuk penyedap rasa makanan, untuk membuat minuman segar, dan sering dikonsumsi sebagai buah untuk program diet menurunkan berat badan. Jeruk nipis merupakan makanan penurun asam urat karena mengandung asam sitrat yang merupakan zat pelarut alami asam urat. Campurkan perasan jeruk nipis dalam satu gelas air putih hangat dan konsumsi secara teratur dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Buah ceri

Buah ceri yang sangat populer sebagai buah penghias dan pemanis dalam kue ulang tahun ini juga merupakan salah satu makanan penurun asam urat. Buah ceri mempunyai senyawa anti inflamasi yang bernama antosianin yang berperan untuk mencegah pembentuan kristal asam urat di persendian. Oleh karena itu jika Anda mulai merasakan nyeri sendi akibat asam urat, maka mengkonsumsi buah ini setiap hari dapat menjadi solusinya.

4. Buah kersen

Mungkin Anda sering melihat buah ini di pinggir jalan atau di depan rumah Anda tetapi tidak menyadari manfaatnya. Buah kersen merupakan buah yang kaya manfaat bagi kesehatan manusia, termasuk salah satunya sebagai makanan penurun asam urat. Buah kersen mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karoten, riboflavin, tianin, niacin, vitamin C, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan zat penting lainnya. Untuk menurunkan asam urat, Anda dapat mengkonsumsi buah ini secara langsung atau dapat juga dibuat juss dan diminum secara teratur setiap hari.

5. Buah tomat

Selain berfungsi untuk menurunkan kolesterol, buah tomat juga dikenal sebagai makanan penurun asam urat. Kandungan vitamin C dosis tingginya merupakan zat pelarut alami yang dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Di dalam buah tomat mengandung nutrisi antara lain vitamin A, B1, B2, B3, C, kasium, besi, fosfor, kalium, natrium, serat, dan air. Buah tomat juga mengandung senyawa likopen yang merupakan zat pelindung tubuh dari serangan radikal bebas.

6. Buah pisang

Buah pisang merupakan buah yang sangat kaya akan serat dan kalium yang daat menetralkan asam urat dalam tubuh. Buah pisang juga dikenal mempunyai zat antiinflamasi sehingga mencegah peradangan di persendian oleh penumpukan asam urat. Mengkonsumsi buah pisang secara teratur dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh secara signifikan dan menghilangkan nyeri pada sendi.

7. Mentimun

Selain untuk menurunkan darah tinggi, mentimun juga dikenal sebagai makanan penurun asam urat karena mempunyai sifat diuretik. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi mentimun, kadar asam urat dalam tubuh akan turun karena dapat keluar secara teratur bersama air kencing/urine. Mentimun juga mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti betakaroten, alfakaroten, vitamin A, B, C, E, K, lutein, zeaxanthin, karbohidrat, protein, serat, zat antioksidan, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan berbagai mineral penting lainnya.

Makanan Pantangan Pada Penderita Asam Urat

Di samping mengetahui tentang makanan yang dapat menurunkan asam urat, Anda juga harus mengetahui tentang makanan yang menjadi pantangan penderita asam urat agar penyakit asam urat Anda tidak kambuh. Beberapa jenis makanan pantangan asam urat adalah sebagai berikut:

1. Jerohan

Berbagai jenis makanan olahan jerohan seperti hati, limpa, usus, ginjal, paru, dan otak merupakan makanan yang harus dihindari penderita asam urat karena kaya akan zat purin.

2. Daging merah

Jenis daging yang tidak boleh dimakan bagi Anda yang menderita asam urat yaitu daging yang berwarna merah, seperti daging sapi, kambing, dan kuda. Sedangkan dari jenis unggas yang menjadi pantangan adalah daging angsa dan kalkun.

3. Seafood

Berbagi jenis seafood (makanan laut) juga mempunyai kadar purin yang tinggi, makanan tersebut antara lain kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, ikan teri, cumi-cumi, saden, tiram, dan ikan teri.

4. Kacang-kacangan dan sayuran tertentu

Anda juga harus berhati-hati dengan berbagai jenis kacang-kacangan dan sayuran tertentu yang dapat menyebabkan penyakit asam urat Anda kambuh. Jens kacang-kacangan tersebut antara lain kacang tanah, melinjo, kacang hijau, dan kacang kedelai. Sedangkan sayuran yang menjadi pantangan yaitu sayur bayam, daun singkong, daun pepaya, buncis, asparagus, kembang kol, dan jamur kuping.

Selain mengkonsumsi makanan penurun asam urat dan menghindari semua pantangannya, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit asam urat. Pola hidup tersebut antara lain yaitu dengan banyak minum air putih agar metabolisme dan pembuangan asam urat berjalan lancar, olahraga secara teratur, menghindari makanan berlemak, jauhi minuman beralkohol. Jika Anda mengalami sakit berlanjut akibat asam urat atau mengalami penyakit komplikasi lainnya, maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Artikel Terkait