invisible hit counter

Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat

Ciri-Ciri Penyakit Asam UratApa sebenarnya penyakit asam urat itu? Asam urat merupakan penyakit yang biasanya dialami oleh usia lanjut namun anak mudapun bisa terkena penyakit asam urat bahkan anak usia 7 tahun bisa terserang penyakit ini. Penyakit asam urat terjadi dari sisa metabolisme (proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup) zat purin (zat yang terdapat didalam makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup) yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Dalam tubuh makhluk hidup mengandung zat purin ketika kita mengkonsumsinya maka zat tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Makanan yang mengandung zat purin ialah yang berasal dari hewani seperti jeroan, hati, usus, paru-paru dan otak. Adapun yang terdapat pada nabati seperti bayam, kangkung, melinjo, sejenis kacang-kacangan dan kembang kol. Sangat penting mengetahui ciri-ciri penyakit asam urat, karena kita dapat bertindak cepat dalam penanganannya. Namun, sudahkah Anda tahu ciri-ciri penyakit asam urat tersebut?. Berikut ini beberapa ciri-cirinya.

Beberapa Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat

Adanya ciri-ciri dari asam urat yang tidak kita sadari akan menjadikan asam urat berubah ketahapan yang kronis. Oleh karena itu pentingnya mengetahui ciri-ciri penyakit asam urat merupakan langkah yang cerdas untuk pencegahan gejala lebih lanjut. Dibawah ini terdapat beberapa ulasan tentang beberapa ciri-ciri penyakit asam urat.

  1. persendian akan terasa linu, nyeri, yang berulang-ulang bahkan mengalami bengkak pada persendian tersebut.
  2. nyeri sering kali terjadi pada pagi hari saat bangun tidur dan malam hari, ini bisa jadi ciri-ciri asam urat.
  3. warna kemerahan pada persendian.
  4. panas disekitar persendian .
  5. pada saat cuaca yang dingin rasa nyeri semakin hebat.
  6. biasanya nyeri terjadi pada bagian tubuh seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki, sikut, lutut, kaki bagian tengan dan tumit.
  7. saat bergerak persendian akan terasa sakit.
  8. rasa sakit kambuh diwaktu tertentu saja.
  9. Mengalami kesemutan pasa persendian

Inilah beberapa ciri-ciri penyakit asam urat. Jika anda mengalami ciri-ciri tersebut sebelum mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya konsultasikan ke dokter sedini mungkin agar tidak terjadi kesalahan dalam mendiagnosa penyakit ini. Terutama jika anda mengalami demam, serta pembengkakan dan rasa sakit pada sendi yang terus memburuk setelah 24 jam. Namun tidak semua nyeri pada persendian itu adalah asam urat.

Artikel Terkait