invisible hit counter

Salam Dari India, Mengenal Lebih Dekat Khasiat Susu Kambing Etawa

Salam Dari India, Mengenal Lebih Dekat Khasiat Susu Kambing EtawaSiapa ya tidak kenal susu? Sejak kecil makanan pertama dan utama kita adalah susu, bahkan meskipun usia sudah beranjak dewasa hingga lasia pun tubuh kita masih terus membutuhkan makanan cair ini. Bagaimana tidak, susu dapat dikatakan sumber makanan cair paling bergizi setelah madu. Di dalamnya, terkandung sejuta manfaat, dan semakin hari semakin banyak pula ragam susu ini. Mulai dari susu sapi, kuda, hingga kambing. Nah, pada kesempatan yang istimewa ini kita akan mencoba mengenal lebih dekat khasiat susu kambing etawa. Bagi anda yang baru mendenar nama produk ini atau bahkan hanya mendengar-dengarkan cerita yang berkembang di masyarakat, inilah kesempatan anda untuk memperdalam pengetahuan tersebut!

Asal Usul Kambing Etawa

Walaupun sudah banyak ditemukan di Jawa, tetapi kampung asli kambing etawa adalah di India, lebih tepatnya kampung Cakarnagar, distrik atau kecamatan Etawah, negara bagian Utar Prades. Nah, dari nama kecamatan itulah, maka orang Indonesia menyebut kambing tersebut supaya mudah diingat. Di India sendiri kambing ini biasa dikenal sebagai kambing jamnapari atau pari yang berarti kambing anggun.

Habitat aslinya berada di sepanjang delta antara sungai Jamuna dan Cambal serta sungai Kwari. Dataran ini berbentuk jurang dan lembah dengan kedalaman hingga 30 m. Di sana, pohon dan tanaman tumbuh sangat subur, semisal pohon akasia, congkra, hingota, arhar, plum, bajara, babool, dan gram. Pada musim dingin, suhu di sana bisa mencapai 25 derajat F, sedangkan pada musim panas hingga 120 derajat F dengan curah hujan 30 inchi per tahun. Nah, dari dataran yang subur inilah khasiat susu kambing etawa bermula.

Namun kini, sudah banyak keturunan kambing etawa yang ditemukan di Jawa, terutama Jawa Tengah. Ya, para peternak di sana berhasil membudidayakan jenis Peranakan Etawa (PE) hasil kawin silang antara kambing lokal dengan kambing etawa asli India. Secara umum, ia terlihat seperti etawa asli dengan ciri khas kepala hitam.

Artikel Terkait