invisible hit counter

Resep Tradisional Obat Panas Anak Memanfaatkan Bahan-Bahan Alami

Resep Tradisional Obat Panas Anak Memanfaatkan Bahan-Bahan AlamiTentunya setiap ibu akan panik jika anaknya telah demam, padahal terdapat beberapa resep tradisional yang menjadi obat panas anak. Tentunya obat ini dapat digunakan saat melakukan pertolongan pertama pada anak apabila demam pada saat tengah malam, namun saat ini banyak ibu yang memberikan obat kimia. Memang tidak ada salahnya menggunakan obat kimia, namun dapat berbahaya apabila anak sering demam dan diberikan obat kimia.

Hal ini tentunya dapat memberikan pengaruh terhadap kerja ginjalnya, belum lagi jika obat itu memberikan efek samping seperti ketergantungan. Dengan menggunakan bahan alami tentunya tidak menimbulkan efek samping, sebab resep tradisional ini telah digunakan sejak zaman dahulu.

Obat Panas Anak Alami Yang Wajib Diketahui Oleh Ibu

Terdapat beberapa bahan alami yang menjadi obat panas anak, jadi setiap ibu wajib mengetahui. Sehingga apabila anak sakit sedikit langsung memberikan obat kimia, hal ini tentunya tidak baik apalagi jika si kecil alergi terhadap obat-obatan.

  1. Lempuyang emprit

Lempuyang emprit merupakan herbang yang berbatang semua dengan daun lonjong, lempuyang emprit yang masih muda akan memiliki kuncup warna hijau. Sedang yang tua bagian bungannya akan bewarna merah. Tanaman ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, sebab 50% kandungan di dalamnya adalah pati sedangkan sisanya terkandung minyak atsiri dan serat.

Pada kandungan minyak atsirinya terdapat senyawa sekuiterpenketon yang ampuh dalam menurunkan panas, bagian tanaman ini yang dimanfaatkan adalag rimpang dimana memiliki warna putih sedikit kuning dan rasa yang pahit. Cara mengolahnya adalah dengan mencuci 10 grm umbi lempuyang emprit, kemudian parut dan tambahkan ½ gelas air. Kemudian aduk dan peras, kemudian ambil sarinya dan campurkan dengan 2 sendok madu bunga kapuk.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmenron, dan zingiberen. Senyawa-senyawa ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-oksidan, dan anti-inflamasi. Oleh karenanya kunyit disarankan untuk dimanfaatkan sebagai obat panas anak. Selain itu kunyit dapat meningkatkan sistem imun sehingga anak tidak akan mudah sakit lagi. Cara mengolahnya untuk menjadi obat demam adalah dengan cuci 10 gram kunyit, kemudian campur dengan air panas sebanyak ½ gelas. Lalu peras dan ambil sarinya, kemudian campurkan dengan ½ jeruk nipis.

3.Sambiloto

Semua bagian pada tanaman ini dapat digunakan untuk obat, sebab terkandung zat pahit, diterpene, flavonoid, dan glucosides yang mampu menurunkan panas. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 1991, menunjukkan bahwa 6 gram sambiloto lebih efektif menurunkan panas dibandingkan parasetamol. Cara mengolahnya untuk obat demam adalah merebus 10 gram sambiloto yang telah dikeringkan yang dicampurkan dengan air dan 25 gram kunyit. Kemudian rebus hingga air tertinggal 10 cc dan konsumsi sebanyak 3 kali sehari dengan teratur.

  1. Pegagan

Tumbuhan ini biasanya disebut daun kaki kuda yang umumnya tumbuh merayap sehingga menutupi tanah. Daunnya bewarna hijau dan memiliki bentuk seperti kipas ginjal, kandungan di dalamnya triterpenoid, saponin, dan hydrocotyline yang ampuh menurunkan demam. Selain itu juga dapat memperkuat jaringan tubuh dan revitalisasi tubuh. Tumbuhan ini juga memberikan efek sejuk sehingga dapat menambah tenaga dan menaikkan nafsu makan pada anak. Cara mengolahnya untuk menjadi obat panas anak adalah dengan merebus 1 genggam daun ini dalam 2 gelas air.

Situs kesehatan Internasional WebMD menyatakan untuk tidak meremehkan terhadap demam yang terjadi pada anak ini. Segera bawa anak ke dokter jika anggota tubuhnya tidak responsif, kesulitan bernafas, muntah-muntah, pusing, warna tubuhnya membiru, terdapat bercak-bercak merah pada kulit, dan juga jika anak mengalami kejang-kejang.

Artikel Terkait