invisible hit counter

Pilihan Obat Batuk Pilek Bayi dari Bahan Alami Tradisional yang Manjur

Pilihan Obat Batuk Pilek Bayi dari Bahan Alami Tradisional yang ManjurUntuk memberikan obat batuk pilek untuk bayi, orang tua disarankan untuk memilih obat-obatan tradisional dari bahan alami. Apalagi mengingat batuk pilek merupakan penyakit yang sangat lazim dialami oleh bayi. Maka dari itu tentu tidak mungkin Anda selalu menyediakan obat-obatan kimia untuk bayi. Paling tidak sebagai orang tua Anda harus tahu resep ramuan tradisional untuk bisa menyembuhkan penyakit buah hati Anda.

Pada umumnya batuk pilek pada bayi juga dibarengi dengan rasa nyeri di bagian-bagian tertentu. Jadi tak heran kalau saat batuk pilek bayi akan rewel siang dan malam. Bahkan orang dewasa pun pasti akan sangat terganggu aktivitasnya saat mengalami penyakit yang satu ini. Akan tetapi pada anak bayi penyakit ini memang lebih sering terjadi. Bahkan terkadang bisa sampai terjadi enam kali dalam setahun. Lalu bagaimana cara mengobatinya?

Jahe dan Kencur

Obat batuk pilek untuk bayi yang pertama bisa Anda buat dari bahan-bahan dapur seperti jahe dan kencur. Cara pembuatannya juga cukup praktis. Anda perlu menyediakan kurang lebih 1 cm jahe dan kencur. Lalu rebuslah bahan-bahan tersebut dengan segelas air. Tunggu sampai mendidih, lalu matikan kompor. Tunggu sampai dingin dan berikan kepada buah hati Anda pada malam hari sebelum tidur. Akan tetapi karena rasanya yang tidak enak, mungkin bayi akan agak rewel saat diberi ramuan ini.

Jeruk Nipis dan Madu

Ramuan obat batuk tradisional yang kedua bisa Anda baut dari campuran jeruk nipis dan madu. Obat tradisional ini dipercaya bisa membantu melegakan pernapasan bayi yang tersumbat karena sedang pilek. Cara membuatnya cukup campurkan perasan jeruk nipis dan madu secukupnya dengan segelas air hangat. Akan tetapi dianjurkan supaya obat yang satu ini diberikan kepada bayi yang usianya sudah lebih dari 1 tahun. Atau minimal Anda bisa berkonsultasi kepada dokter obat tradisional apakah yang cocok untuk diberikan kepada si kecil.

Oleskan Minyak Telon atau Parutan Bawang Merah

Selain mengobati dari dalam, Anda juga bisa mengobati dari luar. Anda bisa memanfaatkan minyak telon atau parutan bawang merah untuk dibalurkan pada tubuh bayi. Cukup gunakan minyak telon atau parutan bawang merah untuk memijat tubuh bayi secara perlahan supaya buah hati Anda merasa lebih hangat dan tidak rewel. Akan tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan sembarangan saat memijat tubuh bayi. Kalau perlu Anda gunakan jasa tukang urut bayi saja supaya lebih terpercaya.

Gunakan Uap Panas

Anda juga bisa menggunakan uap air panas untuk mengatasi batuk pilek pada bayi. Caranya mudah, yakni dengan mendekatkan bayi di atas air panas supaya terkena uap airnya. Namun tetaplah awasi dan berhati-hati supaya tidak mencelakai buah hati Anda.

Perbanyak Istirahat dan Berikan ASI

Pada dasarnya memberikan obat batuk pilek untuk bayi hanyalah untuk membantu mempercepat proses pemulihan saja. Namun yang paling penting bagi bayi adalah lebih banyak beristirahat dan tetap mengonsumsi ASI. Pasalnya dua hal tersebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga virus penyebab flu dan batuk bisa cepat teratasi.

Satu lagi yang perlu diperhatikan oleh para orang tua adalah harus terus menjaga kesehatan bayi. Dianjurkan supaya orang tua selalu memandikan bayi menggunakan air hangat. Apalagi ketika bayi sedang didera masalah batuk pilek. Pastikan juga Anda selalu memperhatikan kondisi kebersihan hidung si anak supaya selalu bersih dari lendir supaya penyakit batuk pilek yang dialami bayi tidak semakin parah. Sekian tips kali ini dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait