invisible hit counter

Penyebab Timbulnya Penyakit Paru-Paru Basah yang Wajib Diwaspadai

Penyebab Timbulnya Penyakit Paru-Paru Basah yang Wajib DiwaspadaiParu-paru basah atau istilah medisnya pneumonia merupakan penyakit nomor 1 yang mematikan anak-anak, oleh sebab itu wajib bagi setiap ibu untuk mewaspadai penyakit paru-paru basah. Timbulnya penyakit ini karena terjadinya infeksi pada paru-paru tepatnya pada bagian alveolus, bagian ini berbentuk kantung yang memiliki fungsi untuk menyampaikan oksigen yang telah masuk untuk disebarkan ke dalam darah.

Apabila terkena penyakit ini maka sistem pernapasan akan sangat terganggu sehingga asupan oksigen yang masuk akan menurun sehingga dapat mengancam nyawa, sebab berdasarkan data dari WHO menunjukkan bahwa setiapnya tahunnya dua juta anak meninggal akibat menderita penyakit ini. Apalagi gejala untuk penyakit ini mirip seperti penyakit ringan sehingga banyak tidak diperhatikan oleh penderitanya, apalagi anak-anak yang berumur di bawah 1 tahun sangat rentang untuk terkena penyakit ini. Penyebab muculnya penyakit ini juga sangat beragam, oleh sebab itu Anda tidak dapat menganggap enteng penyakit ini terutama jika menyerang si kecil.

Kondisi Yang Menjadi Pemicu Munculnya Penyakit Paru-Paru Basah

Kondisi penyebab penyakit paru-paru basah ini wajib Anda waspadai agar terhindar dari penyakit ini, caranya adalah dengan menjaga kesehatan seperti mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur. Sebab hal ini dapat meningkatkan sistem imun yang membuat tubuh kebal dengan serangan penyakit, apalagi biaya pengobatan untuk penyakit ini tidaklah murah.

  1. Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah sangat mudah untuk terkena berbagai macam penyakit termasuk paru-paru basah. Apalagi penyakit ini dapat menyerang sistem imun apabila mikroorganisme masuk ke dalam paru-paru, mikroorganisme ini masuk akibat tidak adanya sistem yang menahan jalan masuknya. Salah satu jenisnya yang menjadi pemicu penyakit ini adalah streptococcus pneumoniae yang biasnya bersarang di tenggorokan secara permanen.

Tetapi jika memiliki sistem imun yang tinggi maka tidak akan masalah, karena itu Anda haruslah menjaga kesehatan. Sebab menjaga kesehatan sangatlah mudah, yaitu hanya bermodalkan makanan bergizi dan olahraga teratur. Namun yang menjadi masalah adalah banyak orang yang malas bergerak, padahal tidak perlu melakukan gerakan yang rumit untuk berolahraga.

  1. Lingkungan Yang Kotor

Lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya tentunya menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat menjadi penyebab penyakit berbahaya termasuk penyakit paru-paru basah. Karena bakteri yang berkembang nantinya akan sangat banyak, oleh sebab itu jalan keluarnya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Walaupun nantinya masih tetap ada bakteri, namun bakteri penyebab penyakit berbahaya tidak akan mudah untuk berkembang biak.

Jadi tidak mengherankan jika anak-anak yang tinggal di tempat yang kumuh sangat mudah terpapar penyakit ini, apalagi sistem imunnya yang sangat rendah. Padahal untuk mendapatkan lingkungan yang bersih sangat mudah, yaitu dengan menjaga sirkulasi udara yang masuk ke ruang serta membersihkan rumah setiap harinya.

  1. Terserangnya Virus RSV

Virus RSV merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit pada anak-anak dan bayi sehingga untuk para ibu harus extra hati-hati, sebab separuh dari kasus paru-paru basah pada anak-anak disebabkan oleh virus ini. Memang benar jika terkena virus ini maka tidak terlalu mengancam nyawa, namun jika dibiarkan dan tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat maka dapat mengancam keselamatan anak. Apalagi sistem imun anak-anak sangat rendah, sehingga sangat memudahkan virus ini berkembang dengan sangat cepat.

  1. Berkendara motor tanpa jaket

Sudah sejak lama diketahui bahwa berkendara motor ataupun bepergian jauh tanpa jaket dapat memicu paru-paru basah, apakah itu benar? Ulasan menarik di kompas https://otomotif.kompas.com/read/2017/12/27/184300915/riding-tanpa-jaket-picu-paru-paru-basah-mitos-atau-fakta- dengan narasumber dokter spesialis paru, ternyata memang benar adanya. Meskipun demikian sebenarnya korelasinya adalah secara tidak langsung. Jaket saat bepergian akan membuat dada hangat dan bisa bernafas secara normal, ini akan mencegah paru-paru basah.

Artikel Terkait