invisible hit counter

Penyebab Feses Bayi Bewarna Hijau yang Wajib Diketahui oleh Ibu

Penyebab Feses Bayi Bewarna Hijau yang Wajib Diketahui oleh IbuKesehatan pencernaan bayi dapat dilihat dari warna kotorannya, oleh sebab itu Anda patut waspada jika feses bayi bewarna hijau. Apalagi bayi tidak dapat berbicara apa yang salah pada dirinya kecuali dengan menangis, oleh sebab itu sebagai ibu Anda wajib memperhatikan apabila terjadinya perubahan warna, tekstur dan jumlah pada feses bayi. Dengan cara ini dapat mempermudah Anda dalam memantau kesehatan tubuh bayi, sebab BAB yang normal memiliki warna kuning. Jadi apabila feses bayi Anda bewarna hijau maka bisa menjadi pertanda bahwa ia tidak mencerna makanan dengan baik.

Oleh sebab itu segeralah membawa ke rumah sakit apabila disertai dengan demam, sebab daya tahan tubuh bayi sangatlah rendah sehingga mudah bayi penyakit untuk masuk. Dengan mendapatkan penanganan yang cepat maka potensi untuk sembuhnya besar.

Kondisi Yang Menjadi Penyebab Feses Bayi Bewarna Hijau

Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat feses bayi bewarna hijau, penyebab ini bisa berasal dari bayi atau dari ibu. Oleh sebab itu akan sangat bijak jika ibu memperhatikan apa yang dikonsumsi, sebab apa yang dikonsumsi oleh ibu memberikan pengaruh besar terhadap bayi dan tumbuh kembangnya.

  1. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu

Makanan yang dikonsumsi ibu sama dengan makanan yang akan dikonsumsi oleh bayi, karena itu sangat disarankan untuk ibu mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi agar anak dapat tumbuh sehat. Makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah sayuran hijau, namun hal inilah yang dapat menjadi penyebab BAB bayi bewarna hijau dan berbau. Sebab jika mengkonsumsi sesuatu yang hijau maka warna ASI akan berubah, mengkonsumsi obat juga bisa menjadi faktor penyebab. Sebab obat yang mengandung anti-biotik dan zinc dapat merubah warna ASI yang berdampak terhadap perubahan pada BAB bayi.

  1. Bayi yang sedang sakit

Feses bayi bewarna hijau dapat menjadi pertanda bahwa sistem pencernaan bayi sedang terganggu, ditambah lagi dengan konsistensinya dalam melakukan BAB. Bisa jadi sistem pencernaan sedang terserang virus sehingga menimbulkan diare. Diare ini juga dapat disebabkan karena tidak cocok mengkonsumsi susu formula. Apabila hal ini terjadi pada bayi maka segeralah ke dokter, sebab penyakit diare dapat membuat bayi menjadi lemas akibat kekurangan cairan. Hal ini tentunya dapat mengancam nyawa bayi.

  1. Bayi memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi

Beberapa bayi memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi terhadap makanan dan obat, sehingga tidak jarang menimbulkan alergi. Jadi Anda wajib waspada apabila setelah Anda memperkenalkan makanan baru kepadanya, tiba-tiba BAB berubah bewarna hijau dan mengandung lendir. Serta beberapa kasus kondisi seperti ini disertai dengan masalah pencernaan, gangguan pernapasan dan kulit. Dengan berkonsultasi kepada dokter Anda dapat memberikan makanan yang tepat kepada anak serta dapat menghilangkan alergi anak terhadap makanan tersebut, apalagi jika makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang tinggi.

  1. Makanan yang dikonsumsi bayi

Situs Babycenter mengatakan bahwa makanan memberikan pengaruh yang besar terhadap warna kotoran, apabila Anda mengenalkan makanan pada kepada bayi dan memberikan kacang polong atau bayam tentunya membuat warna kotorannya menjadi hijau. Namun apabila tidak disertai dengan masalah pencernaan Anda tidak perlu khawatir, sebab wajar jika feses bayi bewarna hijau. Namun Anda harus segera bertindak apabila perubahan warna feses disertai dengan permasalahan pada pencernaanya, sebab hal ini menandakan bahwa kondisi bayi sedangan terancam.

Referensi Bahasa Indonesia: Alodokter

Artikel Terkait