invisible hit counter

Pantangan Darah Tinggi yang Harus Anda Hindari

Pantangan Darah Tinggi yang Harus Anda HindariPantangan darah tinggi tentu saja harus dihindari oleh para penderita darah tinggi atau hipertensi supaya penyakit yang diderita tidak semakin parah. Bukan hanya darah tinggi, tetapi semua penyakit pasti ada pantangan-pantangannya sendiri. Sebut saja penyakit seperti asam urat, diabetes, dan sebagainya, pasti ada hal-hal yang kiranya dilarang untuk dilakukan baik berupa aktivitas atau mengonsumsi beberapa jenis makanan supaya keadaan penyakit tidak semakin parah. Apalagi kita ketahui bahwa darah tinggi juga menjadi salah satu penyakit yang sangat sering diderita oleh masyarakat, terutama para orang dewasa dan lansia. Bukan hanya itu, hipertensi atau darah tinggi ini juga bia mengakibatkan komplikasi penyakit lain yang bisa memperparah kondisi. Nah, supaya Anda lebih waspada dan lebih mengenal penyakit darah tinggi ini, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pantangan untuk penderita darah tinggi dan juga penyebab darah tinggi.

Penyebab dan Pantangan Darah Tinggi yang Harus Anda Waspadai

Untuk bisa sukses dalam proses penyembuhan penyakit darah tinggi ini, dokter juga biasanya memberikan saran kepada Anda untuk tidak melakukan atau tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan selama Anda masih menderita darah tinggi. Tak bisa dipungkiri semakin tahun jumlah penderita hipertensi atau darah tinggi ini semakin meningkat. Penyebabnya pun sangat beragam, akan tetapi sebagian besar yang dialami oleh para penderita hiperteni ini adalah karena pola hidup yang tidak sehat dan juga berbagai jenis makanan serta minuman yang ternyata sangat memicu terjadinya serangan darah tinggi. Menurut catatan, di Indonesia sendiri hipertensi atau darah tinggi ini menjadi penyebab kematian nomor tiga yang bisa membunuh siapapun secara perlahan dan terkadang gejalanya pun sulit terdeteksi.

Maka dari itu, sudah sepatutnya supaya bagi Anda yang belum ataupun yang sudah menderita penyakit mematikan yang satu ini, tidak melakukan pantangan darah tinggi yang sudah ditetapkan supaya Anda juga bisa ikut mengurangi jumlah kasus darah tinggi dan kematian akibat penyakit tersebut di Indonesia. Sebelum membahas tentang pantangan darah tinggi, ada baiknya jika kita juga mengetahui apa saja faktor penyebab yang bisa mengakibatkan seseorang menderita penyakit darah tinggi.

Faktor atau penyebab seseorang mengalami hipertensi tentunya berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Akan tetapi beberapa faktor penyebab berikut ini adalah yang secara umum paling sering dialami oleh orang yang mengalami hipertensi atau darah tinggi. Faktor pertama adalah karena usia, dan pada umumnya orang dewasa dan juga para lansia lebih berisiko terkena penyakit yang satu ini meskipun orang yang masih berusia muda pun juga berisiko. Penyebab darah tinggi yang kedua adalah faktor keturunan atau latar belakang keluarga. Jadi mungkin jika orang tua atau kakek dan nenek Anda ada yang punya garis keturunan menderita hipertensi, maka Anda pun cukup berisiko mengalaminya.

Faktor penyebab yang ketiga adalah kelebihan berat badan atau obesitas yang terkadang juga bisa membuat tekanan darah semakin meningkat. Apalagi jika pantangan darah tinggi yang sudah diperingatkan sejak awal tetap saja dilanggar sehingga obesitas semakin parah dan akhirnya terjadilah tekanan darah tinggi. Kebiasaan buruk lainnya adalah karena merokok dan juga terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol. Bahkan orang yang mempunyai dua kebiasaan tersebut jika tak pandai-pandai menjaga kondisi kesehatan tubuh akan lebih berisiko terkena darah tinggi ketimbang orang yang tidak melakukan kebiasaan tersebut.

Beberapa kebiasaan yang Anda lakukan pada saat diet pun bisa memicu munculnya penyakit hipertensi di dalam tubuh Anda. Ketika diet, terlalu banyak asupan garam atau sodium yang masuk ke dalam tubuh bisa memicu darah tinggi. Begitu pula sebaliknya, kekurangan asupan potasium dan juga vitamin D untuk tubuh juga bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi. Selain itu dalam kehidupan sehari-hari Anda juga harus menghindari stres yang terlalu berlebihan. Apalagi ketika hamil, karena kehamilan juga berpotensi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

So, setelah Anda mengetahui beberapa penyebab darah tinggi, Anda juga harus menjalankan pantangan darah tinggi terutama dengan cara tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan yang memang sangat tidak dianjurkan untuk para penderita darah tinggi. Makanan tersebut diantaranya adalah makanan yang mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi, makanan yang terlalu banyak mengandung garam natrium, makanan serta minuman kaleng, makanan yang mengandung bahan pengawet, susu full cream, mentega, makanan yang mengandung kolesterol tinggi, bumbu penyedap makanan, alkohol, dan tentunya kebiasaan merokok pun harus Anda hentikan supaya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi Anda tidak semakin parah.

Tips Mencegah dan Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi bisa diatasi atau diobati dengan berbagai cara, baik dengan pengobatan alternatif, dengan obat tradisional darah tinggi, dengan pengobatan medis, obat-obatan kimia, dan sebagainya. Akan tetapi tindakan mencegah tentu saja jauh lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, selain menghindari berbagai jenis makanan yang menjadi pantangan darah tinggi, bagi Anda orang-orang yang belum mengalami penyakit berbahaya ini, sebaiknya Anda tahu bagaimana kiat-kiat atau cara pencegahannya.

1. Mengurangi Garam

Seperti yang tadi juga sudah dibahas pada makanan yang menjadi pantangan darah tinggi, untuk mencegah datangnya penyakit tekanan darah tinggi pun Anda harus menghindari atau mengurangi berbagai jenis makanan yang mengandung garam, apalagi dalam jumlah yang berlebihan.

2. Kalium, Magnesium dan Kalsium

Selanjutnya Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat kalium, magnesium dan juga kalsium, karena ketiga jenis zat tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

3. Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol dan juga merokok harus Anda hentikan supaya Anda terhindar dari risiko terkena tekanan darah tinggi. Apalagi dalam silsilah keluarga, Anda memang punya keturunan darah tinggi sehingga dengan kebiasaan buruk tersebut bisa meningkatkan risiko Anda mengalami hipertensi. Anda boleh mengonsumsi alkohol, akan tetapi jumlahnya dibatasi. Untuk pria maksimal 30 ml per hari, sedangkan untuk wanita 15 ml per harinya.

4. Pola Hidup Sehat

Selanjutnya Anda juga harus melakukan dan mengubah pola hidup Anda menjadi pola hidup yang lebih sehat. Pertama, Anda bisa melakukannya dengan cara berolahraga ringan secara teratur, kurang lebih selama 30-45 menit dalam sehari dan dilakukan sekitar 3 kali dalam seminggu. Makanan-makanan sehat pun harus Anda konsumsi secara rutin, dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran dan juga buah-buaha berserat tinggi.

Itu tadi adalah penjelasan dari kami mengenai berbagai macam penyebab penyakit darah tinggi dan juga beberapa pantangan darah tinggi berupa jenis-jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh para penderita hipertensi atau darah tinggi. Dan untuk lebih jelasnya, mungkin sebaiknya Anda menanyakannya kepada dokter untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan cara penanganan darah tinggi yang lebih efisien.

Artikel Terkait