invisible hit counter

Khasiat Semut Jepang Menurut Dokter, Mitos Atau Fakta?

Khasiat Semut Jepang Menurut Dokter, Mitos Atau Fakta?Zaman semakin berkembang dan pengobatan alternatif pun semakin maju. Bermacam-macam cara atau bahan obat-obatan yang tidak lazim pun nekad ditenggak oleh seorang pasien demi mendapatkan kesehatannya kembali. Dari sekian banyak pengobatan alternatif yang populer, salah satunya ialah semut Jepang. Namun, apakah anda tahu apa itu semut Jepang dan apakah memang benar ada khasiat semut Jepang menurut dokter? Nah, lewat artikel ini anda akan kami ajak untuk menelusuri asal usul serangga berwarna hitam kecil ini dan kaitannya dengan kesehatan.

Asal Usul Semut Jepang

Hingga artikel ini dimuat, penulis belum menemukan satu pun sumber terpercaya yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya mengenai asal usul semut Jepang ini. Dari beberapa sumber dan ‘penuturan’ penjual online, penulis secara umum menemukan bahwa masyarakat awam menyebutnya sebagai semut Jepang hanya untuk mempermudah mengingatnya. Sebagian lagi berpendapat bahwa semut ini memang berasal dari negeri matahari terbit yang dalam bahasa aslinya disebut sebagai semut ari (kesetiaan) dan termasuk ke dalam marga Tenebrio dan Tribolium serta ordo Coleoptera.

Bahkan, salah satu penjual juga tidak berani menjamin bahwa serangga kecil ini memang berasal dari sana karena saat ia melakukan penelusuran di pusat data Jepang mengenai semut, jenis ini tidak ditemukan. Ia pun secara jujur menyebutkan bahwa ia mendapatkan semut Jepang ini dari saudaranya yang berada di wilayah paling timur negara Indonesia, Papua. Meski tidak jelas asal usulnya, setidaknya ada beberapa ciri-ciri umum yang dimiliki oleh semut Jepang, yaitu:

  • Bentuknya mirip dengan kutu beras yang berbadan keras
  • Berkaki enam dan memiliki sepasang antena
  • Melalui 4 fase dari telur hingga menjadi serangga dewasa
  • Tidak bisa terbang meskipun bersayap
  • Hidup berkoloni
  • Cepat bereproduksi
  • Bukan jenis hewan kanibal atau pemakan sesama

Artikel Terkait