invisible hit counter

Manfaat Minyak Zaitun untuk Jerawat

Manfaat Minyak Zaitun untuk JerawatBanyak orang yang belum mengetahui manfaat minyak zaitun untuk jerawat. Minyak zaitun atau biasa orang menyebutnya olive oil merupakan ekstrak dari buah zaitun atau dalam bahasa biologinya disebut Olea europaea, yaitu pohon tradisional dari basin Mediterania. Bentuk buah zaitun sendiri yakni bulat berisi berwarna hijau saat mentah dan akan berubah kekuning-kuningan saat menjelang masak. Minyak zaitun memiliki manfaat yang besar di bidang kecantikan, khususnya dalam pembuatan kosmetik.

Berbagai perusahaan berlomba-lomba mengolah buah zaitun menjadi minyak zaitun. Salah satu manfaat terdahsyat minyak zaitun yakni untuk jerawat. Banyak kaum hawa yang merasa tidak percaya diri ketika ada satu saja jerawat yang menempel di wajahnya. Bahkan ratu tersohor terdahulu, Cleopatra rajin merawat kecantikan wajahnya menggunakan minyak zaitun. Contoh lainnya bisa dilihat dari artis-artis cantik yang juga menggunakan minyak zaitun sebagai rahasia kecantikannya.

Kandungan yang Terdapat dalam Minyak Zaitun

Sebenarnya apa saja kandungan yang dimiliki ekstrak yang berasal dari buah zaitun ini sehingga bisa untuk jerawat?

Sebelum mengetahui kandungan dalam minyak zaitun tak ada salahnya jika tahu tentang khasiat minyak zaitun bagi kulit. Beberapa khasiat minyak zaitun bagi kulit yakni mencegah kerusakan sel-sel kulit, mengangkat kotoran yang jika lama dibiarkan akan menjadi jerawat. Nah, itulah sebab muasal jerawat dapat menempel di kulit kita. Dengan adanya minyak zaitun kotoran akan terangkat dan kulit menjadi bersih. Terakhir yaitu mencegah minyak berlebih pada kulit. Minyak yang berlebih akan menggumpal dan bisa juga menyebabkan jerawat.

Di dalam ekstrak buah zaitun atau yang biasa disebut minyak zaitun terdapat beberapa kandungan yang mampu mencegah adanya jerawat, diantaranya adalah:

  1. Senyawa kimia triasilgliserol yang tersusun atas asam lemak tak jenuh tunggal dengan omega 9 (asam oleat). Omega 9 ini berkisar 55 – 83 persen dari total seluruh asam lemak. Karena lemak tersebut bersifat tak jenuh tunggal sehingga risiko tubuh teroksidasi lebih sedikit daripada omega 6 atau omega 3.
  2. Vitamin E, vitamin E berfungsi untuk kecantikan yakni memelihara kesehatan kulit.Kulit adalah bagian tubuh terluar yang berisiko tinggi terjadi kerusakan akibat banyaknya bakteri maupun unsur lain, misalnya sinar UV yang membuat kulit kering, kusam, keriput lebih cepat. Dengan adanya vitamin E maka kulit terlindungi dengan adanya suplai dan nutrisi dari luar tubuh.

Artikel Terkait