invisible hit counter

Menguak Khasiat Minyak Kelapa Dara

Menguak Khasiat Minyak Kelapa DaraAsosiasi Jantung, Asosiasi Diet, dan Departemen Pertanian Amerika sempat memberikan peringatan kepada masyarakat paman Sam agar tidak mengkonsumsi terlalu banyak minyak kelapa lantaran mengandung banyak lemak tak jenuh yang dapat memicu naiknya kolesterol dan tekanan darah serta penyakit jantung. Namun demikian, sebuah fakta mencengangkan kemudian muncul setelah penelitian terbaru menemukan adanya sejumlah manfaat dari minyak kelapa, terutama khasiat minyak kelapa dara, jika dikonsumsi dengan jumlah yang wajar.

Melongok fakta sejarah, pada tahun 1930 seorang ilmuwan dari Ohio AS bernama dr. Weston A. Price penasaran dengan kebugaran fisik dan kecantikan rambut penduduk di kepulauan pasifik. Ternyata, mereka rajin mengkonsumsi kelapa dalam kehidupan sehari-hari. Tiga puluh tahun berselang, dr. Ian A. Prior dari New Zealand juga melakukan studi di kepulauan pasifik selatan dan menemukan bahwa penduduk di sana memiliki kadar kolesterol yang rendah. Alhasil, tubuh mereka pun sangat sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Sedikit uraian di atas tentu sudah membuat anda penasaran untuk mengetahui apa saja manfaat minyak kelapa dara ini. Namun, sebelum sampai ke pembahasan tersebut, ada baiknya kita mengetahui beberapa fakta menarik seputar minyak ini. Tunggu apa lagi, langsung kita simak penjelasan selanjutnya!

Fakta Menarik Minyak Kelapa Dara

Minyak kelapa dara atau VCO (virgin coconut oil/minyak kelapa murni) merupakan hasil pegolahan kelapa secara alami tanpa tambahan bahan kimia apapun. Kelapa yang digunakan pun merupakan buah kelapa yang masih segar, bukan yang sudah kering. Isi kelapa yang masih segar itu pun diambil untuk melalui proses biotekhnologi tertentu sehingga semua nutrisi dalam kandungan minyak kelapa dara tetap utuh atau tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Khasiat minyak kelapa dara erat kaitannya dengan kandungan asam laurik, kaprik, dan caprilik di dalamnya. Dengan mengkonsumsi minyak kelapa dara, tubuh kita nantinya akan mengolah asam laurik tersebut menjadi zat monolaurin. Nah, zat inilah yang dapat memberantas berbagai macam virus dan bakteria yang membawa penyakit.