invisible hit counter

Tips Pengolahan Dan Manfaat Bawang Putih Tunggal

Tips Pengolahan Dan Manfaat Bawang Putih TunggalBawang putih tunggal merupakan satu jenis bawang putih yang hanya memiliki satu bagian/siung saja, berbeda dari jenis bawang putih yang umumnya terdiri dari beberapa siung yang bergerombol membentuk satu bawang. Oleh karena itu, maka beberapa daerah juga menyebut bawang ini sebagai bawang putih lanang. Walaupun anda mungkin jarang mendengar atau bahkan tidak tahu sama sekali akan jenis ini, ternyata ia mempunyai beragam khasiat yang tidak terduga. Oleh karena itu, beberapa manfaat bawang putih tunggal akan kita kupas habis dalam kesempatan ini.

Bawang putih tunggal biasanya memiliki diameter 25-50 mm. Ciri-ciri lainnya, nyaris sama dengan bawang putih dapur yang biasa kita gunakan untuk memasak, yaitu bergaris-garis putih dengan warna putih mendominasi. Meski demikian, ternyata rasa dan bau yang ia hasilkan tidak setajam bawang putih biasa. Namun ternyata, ada hikmah terpendam mengapa ia kalah soal rasa dan bau dari jenis bawang putih dapur, yaitu ia memiliki zat-zat bergizi hingga 6 kali lipat dari bawang biasa! Ya, bawang putih tunggal ini mengandung senyawa vitamin A, B, C, lemak, protein, zat besi, sulfur, kalori, kalsium, kalium, dan zat besi lebih banyak dari saudarinya tersebut. Tak hanya itu, ia juga masih memiliki satu zat rahasia bernama minyak atsiri yang berguna untuk menumpas bakteri atau sebagai bahan antiseptik.

Tips Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal

Jika anda ingin mengkonsumsi bawang putih tunggal untuk mendapatkan manfaatnya, maka anda sebaiknya melakukannya setelah makan atau menyantap makanan ‘besar’, contohnya nasi atau roti. Pasalnya, ia mempunyai sifat panas begitu masuk ke dalam organ lambung sehingga dikhawatirkan membahayakan mereka yang mempunyai lambung sensitif yang diakibatkan oleh sakit maag dan tipes. Untuk itulah anda harus memastikan bahwa lambung anda sudah terisi dengan makanan sebelum bawang putih ini masuk ke perut.

Selanjutnya, kalau anda merasa tidak kuat dengan bau dan rasanya yang menyengat tajam, maka anda bisa saja mengolahnya terlebih dahulu. Setidaknya, ada dua cara yang bisa anda pilih untuk mengkonsumsi bawang putih tunggal tanpa merusak gizi utuhnya. Yang pertama ialah dengan diolah menjadi acar bawang. Ya, seperti yang terlintas di benak anda, cara pembuatan acar bawang putih tunggal ini sama persis dengan acar-acar jenis lainnya. Cukup siapkan bawang putih secukupnya, garam, gula pasir, cuka, dan air tentunya. Pertama-tama masukan bawang putih tunggal yang telah dikupas bersama garam ke dalam toples dan aduk hingga rata. Setelah itu, tutuplah toples tersebut dan tinggalkan untuk meracik bahan selanjutnya, yaitu merebus gula dalam air mendidih, lalu masukan cuka dan aduk rata. Kemudian, biarkan larutan ini dingin untuk dicampurkan larutan pertama tadi di dalam wadah toples. Setelah semua bahan masuk, tutup lagi toples tersebut dan tunggu minimal 3 hari sebelum anda bisa menyantap acar istimewa ini.

Artikel Terkait