invisible hit counter

Kenali Sejak Dini Penyebab Kanker Getah Bening dan Cara Pencegahannya

Kenali Sejak Dini Penyebab Kanker Getah Bening dan Cara PencegahannyaPenyebab kanker getah bening atau limfoma sangat perlu diwaspadai oleh semua orang. Pasalnya limfoma ini termasuk dalam kategori penyakit kanker ganas yang bisa berisiko kematian. Sesuai dengan istilah yang digunakan, kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini adalah penyakit yang terkait dengan sistem limfatik. Di mana sistem limfatik ini berperan cukup vital dalam sistem kekebalan tubuh. Adapun kanker kelenjar getah bening terbagi menjadi dua jenis, yakni limfoma Hodgkin dan non Hodgkin.

Gejala Kanker Getah Bening yang Perlu Diketahui Sejak Dini

Limfoma Hodgkin merupakan jenis kanker getah bening yang biasanya menunjukkan gejala berupa pembesaran bagian kelenjar getah bening dan limpa. Gejala tersebut juga akan menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu. Jenis kanker ini bisa dibilang bergerak progresif di beberapa jaringan tubuh. Sedangkan limfoma non hodgkin adalah kanker yang lebih ganas dari jaringan limfa lainnya.

Gejala-gejala yang dialami oleh penderita penyakit kanker getah bening diantaranya adalah pembengkakkan di leher, ketiak, lipatan paha atau beberapa bagian lain. Seperti yang tadi sudah disampaikan, pembengkakkan tersebut akan terasa nyeri. Bahkan beberapa kasus menunjukkan bahwa penderita kanker getah bening juga mengalami masalah pernapasan, seperti sulit bernapas. Jika seseorang mengalami gejala demam di malam hari dan penyusutan berat badan, dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Waspadai Penyebab-Penyebab Terjadinya Kanker Getah Bening

Pada umumnya ada empat hal utama yang menjadi penyebab kanker getah bening, yakni virus, infeksi zat tertentu, inflamasi, dan kanker darah. Infeksi virus biasanya diakibatkan oleh lingkungan sekitar. Misalnya karena virus tersebut terbawa oleh angin, hewan, dan sebagainya. Serangan virus ini akan menyebabkan infeksi dan pada awalnya menunjukkan gejala-gejala seperti penyakit flu. Namun pada akhirnya kelenjar getah bening akan mengalami pembengkakkan.

Selain karena infeksi virus, kanker kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi zat-zat tertentu yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Apabila Anda mengalami infeksi dan menunjukkan gejala medis berupa jumlah limfosit atau sel darah putih yang meningkat, bisa dipastikan bahwa ada zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh Anda. Bukan hanya infeksi, tapi peradangan atau inflamasi pada bagian kelenjar getah bening juga bisa memicu kanker limfoma. Berkebalikan dengan penyebab sebelumnya, peradangan ini justru akan mematikan sel darah putih dan membuat zat-zat lain datang.

Penyebab lainnya adalah karena penderita juga mengalami kanker darah. Oleh karena itu Anda harus sangat waspada karena ternyata kanker darah juga bisa memicu penyakit lainnya termasuk kanker kelenjar getah bening. Kanker darah atau leukimia bisa membuat jumlah getah bening menjadi tidak terkontrol.

Lalu Bagaimana Cara Pencegahannya?

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya kanker getah bening? Hal yang perlu Anda lakukan tentunya harus menjalankan pola hidup yang sehat. Minum air putih secukupnya, istirahat yang cukup dan kontrol pola makan serta makanan yang Anda konsumsi. Hindari juga paparan asap rokok dan polusi udara. Minimal dengan menggunakan masker penutup mulut dan hidung saat sedang berada di tempat umum. Berolahragalah secara rutin supaya sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Mengingat limfoma atau kanker getah bening ini bisa terjadi saat sistem kekebalan tubuh sedang menurun. Hindari juga makanan-makanan yang mengandung bahan pengawet dan zat kimia berbahaya.

Demikian penjelasan singkat mengenai apa saja penyebab kanker getah bening atau limfoma, gejala dan bagaimana cara penanganannya. Setelah ini Anda harus lebih waspada dan selalu memperhatikan kesehatan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait