invisible hit counter

Inilah Penyebab Susah Tidur pada Kebanyakan Orang

Beberapa Penyebab Susah Tidur yang Sering Terjadi pada Banyak OrangSusah tidur merupakan salah satu permasalahan yang banyak dihadapi oleh orang saat ini, dimana banyak sekali penyebab susah tidur. Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting untuk tubuh sebab dapat mengistirahatkan tubuh dan mengisi tenaga, sehingga esoknya harinya Anda dapat bekerja dengan maksimal.

Namun apabila seseorang kurang tidur maka dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit baik yang ringan maupun yang berbahaya, selain itu juga dapat membuat badan lemas atau kepala menjadi pusing dan sakit. Jadi keesokan harinya Anda tidak dapat bekerja dengan maksimal, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda mengurangi kebiasaan buruk seperti ini dan mengikuti gaya hidup yang sehat.

Kondisi Yang Menjadi Penyebab Susah Tidur Pada Umumnya

Berikut beberapa kondisi yang menjadi penyebab susah tidur, apabila Anda mengalami kondisi seperti ini maka ada baiknya untuk mencari jalan keluar secepatnya. Hal ini dikarenakan jika terus dibiarkan maka akan memberikan dapak buruk terhadap kesehatan Anda, apalagi pada saat ini biaya untuk berobat sangatlah mahal.

1. Memiliki masalah psikologi

Diambil dari situs penelitian tentang tidur, insomnia kronis disebabkan akibat gangguan kecemasan dan depresi, hal ini biasanya diakibatkan oleh tekanan hidup, trauma, atau marah yang berlebihan. Untuk tidur dibutuhkan mental yang baik sehingga dapat tidur dengan nyenyak, jadi apabila mental Anda terganggu maka sangat sulit untuk beristirahat karena akan selalu terpikir permasalahan yang ada. Tidak heran jika orang yang banyak pikiran akan sangat sulit untuk tidur, sebab ketika tidur tidak hanya tubuh saja yang beristirahat namun pikiran juga akan beristirahat agar dapat tidur nyenyak.

2. Masalah medis

Beberapa kondisi medis dapat menjadi penyebab susah tidur seperti asma, alergi, atau kanker. Apabila seseorang sakit maka tubuh berada pada kondisi yang lemah jadi dapat tidur dengan mudah, tetapi rasa sakit yang ditimbulkan dapat membuat tubuh tidak nyaman sehingga susah untuk tidur. Jadi apabila seseorang memiliki permasalahan kesehatan yang serius maka akan memberikan pengaruh terhadap psikologisnya, oleh sebab itu diperlukan peran orang-orang terdekat untuk menjaganya kesehatan psikologisnya. Karena biasanya mereka yang memiliki penyakit kronis sangat takut untuk tidur, sebab berpikir akan terjadi hal yang buruk apabila tidur.

3. Gangguan tidur

Sulit untuk tidur bisa menjadi gejala pada gangguan tidur seperti sleep apnea dan restless leg syndrome. Sleep anea adalah berhentinya pernapasan sejenak saat tidur, hal ini dapat terjadi sebanyak 30 kali dan diikuti dengan suara keras seperti tersedak. Restless leg syndrome merupakan gangguan syaraf yang menyebabkan pergerakan pada kaki pada saat tidur,   mereka yang mengalami gangguan ini akan merasa tidak nyaman pada kaki dan tangan jadi akan sangat susah untuk menahan diri untuk melakukan gerakan  pada kaki.

4.Terlalu banyak istirahat

Terlalu banyak istirahat pada siang hari dapat menjadi penyebab susah tidur di malam hari, sebab tubuh telah cukup beristirahat. Walaupun tidur di siang hari tidak dilarang nama tidak baik jika dilakukan terlalu lama, sebab sangat baik jika tubuh beraktivitas pada pagi hingga sore hari.

Agar tidur Anda nyenyak maka lakukan olahraga secara teratur sehingga tidak memicu terjadinya permasalahan tidur dan membuat tubuh menjadi sehat. Olahraga yang dapat dilakukan adalah seperti yoga sebelum tidur, karena olahraga ini dapat menenangkan pikiran sehingga ketika Anda memejamkan mata tidak akan memikirkan masalah yang terjadi.

Artikel Terkait