invisible hit counter

Perkembangan Janin Saat Hamil 9 Minggu

Perkembangan Janin Saat Hamil 9 MingguPertumbuhan janin pada minggu ke 9 biasanya pada minggu ini janin berukuran kira – kira sekitar 2,3 – 2,5 cm kira – kira sepanjang buah zaitun. Pada minggu ke 9 ini janin sudah memiliki rangka tubuh yang mulai mengeras melalu proses osifikasi, dimulai dengan terbentuknya tulang rawan pada janin. Persendian seperti pada lutut, siku, bahu, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki mulai bekerja. Jantungnya juga sudah mulai terbentuk katup dan sudah terbagi menjadi 4 ruang. Jari – jari pada tangan dan kaki sudah mulai tumbuh dan terlihat meskipun masih terhubung dengan selaput antara satu dengan lainnya. Organ – organ dalam seperti jantung, otak, paru – paru, dan ginjal telah berkembang baik. Plasenta sudah berkembang dan dapat memproduksi hormon dan nutrisi bagi janin. Sistem pencernaan seperti pancreas, saluran empedu, kantong empedu dan anus juga sudah terbentuk, usunya juga sudah memanjang. Sedangkan untuk organ – organ reproduksinya pada minggu ke 9 ini sudah mulai tumbuh. Otot – otot pada janin juga sudah mulai berkembang sehingga janin Anda sudah mulai bergerak – gerak meskipun gerakannya masih belum bisa dirasakan oleh Anda, akan tetapi tidak lama lagi Anda bisa merasakan gerakan aktif janin Anda.

Pada saat hamil 9 minggu ini tubuh anda akan mengalami perubahan seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan janin pada perut anda maka tubuh akan terus berubah untuk melindungi dan memberi asupan nutrisi yang cukup bagi janin anda. Beberapa perubahan – perubahan yang anda alami antara lain :

  • Meningkatnya produksi hormon, sehingga mungkin akan tim bul gejala atau keluhan gangguan yang terjadi pada kehamilan usia ini.
  • Muncul gejala mual muntah, rasa sakit di payudara, sering buang air kecil, dan sulit tidur.
  • Kerja jantung anda akan bekerja lebih keras karena pada saat ini jantung anda memompa semakin keras dan cepat. Karena hal inilah anda akan mudah merasa lelah, pusing dan sakit kepala.
  • Hamil 9 minggu ini hormon estrogen dan progesteron mulai meningkat dengan demikian akan mempengaruhi pertumbuhan pada payudara anda. Areola atau kulit disekitar putting akan membesar dan semakin gelap warnanya. Biasanya diiringi dengan rasa nyeri dan kencang pada payudara anda. Hal itu merupakan gejala yang normal karena hal itu merupakan tahapan tubuh dalam menghadapi perkembangan kehamilan anda.
  • Bentuk tubuh anda biasanya juga akan berubah, sedikit lebih gemuk dan berisi dari pada biasanya. Berat badan anda juga cenderung akan mengalami kenaikan, biasanya akan timbul rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Hal ini jangan dibiarkan, coba sadarilah bahwa anda memang sedang dalam masa kehamilan jadi ingatlah hal ini hanya bersifat sementara untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin pada kandungan anda. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut maka anda sangat dianjurkan untuk melakukan melakukan olahraga dan menjaga asupan makanan yang bergizi tinggi untuk perkembangan janin anda.

Kehamilan 9 minggu ini perubahan akan terjadi terus menerus pada tubuh anda hingga saat masa persalinan natinya. Olahraga dan asupan gizi merupakan faktor yang paling penting untuk mendukung perkembangan pertumbuhan janin dan kesehatan ibu serta janinnya. Anda juga tidak boleh absen dalam melakukan pemeriksaan rutin terkait tumbuh kembang janin dalam kandungan anda. Dalam hal gizi makanan anda juga harus memperhatikan lebih lanjut. Anda perlu mengkonsumsi makanan yang memberikan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan janin anda. Pilihlah makanan yang baik bagi ibu hamil seperti dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan segar yang mengandung vitamin C, E dan B kompleks.

Artikel Terkait