invisible hit counter

Kiat Jitu Menjaga Kesehatan Pada Kehamilan Trimester Pertama

Kiat Jitu Menjaga Kesehatan Pada Kehamilan Trimester PertamaSetiap wanita ketika mendapati dirinya sedang hamil pasti akan merasa sangat bahagia. Terutama bagi pasangan yang baru menikah dan sedang menunggu kehadiran seorang anak, pasti akan sangat merasa senang dan bersyukur. Tapi tahukan anda sebagai wanita, bahwa banyak sekali gangguan dan perubahan yang dialami sebagai ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama?

Ya, pada usia ini tubuh akan menyesuaikan diri, sehingga akan terjadi perubahan bentuk fisik dan perubahan hormon untuk menyiapkan tubuh anda memasuki masa – masa kehamilan. Pada kehamilan trimester pertama, biasanya banyak ibu hamil yang mengeluh akan menurunnya kondisi kesehatan pada tubuhnya. Keluhan yang dialami oleh ibu hamil pada kehamilan trimester pertama ini biasnaya adalah mual muntah di pagi hari (morning sickness), menurunnya nafsu makan karena rasa mual yang dialami, merasa cepat lelah, bahkan terkadang juga mengalami sakit kepala dan nyeri punggung. Selain itu ibu hamil juga merasa lebih sensitif terhadap bau – bauan yang tercium olehnya, baik itu aroma parfum atau bau masakan. Hal ini terjadi karena ada perubahan hormon dalam tubuhnya, sehingga keseimbangan pada tubuh sang ibu akan terasa menggangu.

Dengan adanya keluhan ketidaknyamanan pada kesehatan tubuh tersebut maka ibu hamil harus bisa menyesuaikan diri untuk kepentingan kesehatannya dan janin yang ada dalam kandungannya. Oleh karena itu sangat penting sekali bagi ibu hamil untuk mengetahui kiat jitu apa saja yang perlu dilakukan untuk mensiasati keluahan yang dialaminya, agar dapat menghadapi kehamilan trimester pertama dengan nyaman. Berikut kiat jitu yang dapat diterapkan oleh ibu hamil pada kehamilan trimester pertama :

7 Tips Menjaga Kesehatan Pada Kehamilan Trimester Pertama

  1. Siasati mual muntah dengan cerdik

Pada kehamilan trimester pertama hormon estrogen dalam tubuh akan mengalami peningkatan, sehingga akan membuat asam lambung juga meningkat, sehingga hal ini yang memicu mual muntah pada ibu hamil. Keadaan ini akan semakin parah apabila perut ibu dalam keadaan kosong, terutama saat bangun tidur di pagi hari, karena perut yang kosong maka asam lambung juga akan meningkat oleh sebab itu pada pagi hari ibu hamil biasanya akan mual dan muntah. Untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya ibu hamil mencoba meminum seduhan jahe atau air jeruk untuk mengurangi rasa mual. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi biskuit atau kraker setelah bangun tidur agar perut tidak kosong, atau mengkonsumsi buah tapi tetap memperhatikan jenis buah yang dipilih, jangan mengkonsumsi yang terlalu asam akrena bukannya mengurangi asam lambung tapi malah akan semakin meningkatkan asam lambung sehingga tambah mual.

Artikel Terkait