invisible hit counter

Hamil 4 Bulan : Perkembangan Janin dan Sang Ibu

Hamil 4 BulanSaat kehamilan anda memasuki usia 4 bulan, anda sudah dapat merasakan gerakan bayi dalam rahim. Perut akan terus mengembang sehingga membuat organ tubuh seperti usus posisinya menjadi bergeser membuat tubuh menyesuaikan posturnya. Rahim yang mulai mengembang membuat kulit disekitar perut akan mengalami pigmentasi sehingga menimbulkan garis hitam pada bagian bawah perut dan timbul stretchmark. Pada saat ini ibu hamil akan mengalami sulit tidur, kelelahan, dan sakit kepala. Jika sakit kepala terasa sangat parah, maka segeralah periksakan diri anda ke dokter.

Gangguan Kesehatan yang Perlu Diketahui Oleh Ibu Saat Hamil 4 Bulan

  • Naiknya tekanan darah

Bila kenaikan tekanan darah anda sedikit lebih tinggi dari tekanan darah saat anda belum hamil, mungkin anda termasuk dari 1% – 2% wanita hamil yang mengalami tekanan darah tinggi. Jenis hipertensi seperti ini akan menghilang saat setelah anda melahirkan. Tetapi apabila kenaikan tekanan darah anda dibarengi dengan kenaikan berat badan yang tiba – tiba, edema yang parah terutama di tangan, wajah, kaki dan terdapatnya protein di dalam urin maka bisa disebut anda mengalami pre-eklampsia. Bila anda mengalami gejala – gejala tersebut segera hubungi dokter kandungan anda.

  • Kadar gula dalam air kemih

Bila terjadi hal yang dmeikian maka ikutilah nasihat dokter, jangan khawatir. Terdapat sejumlah kecil gula dalam air kemih pada suatu saat pada kehamilan, bukanlah berarti anda diabetes. Mungkin tubuh anda justru sedang melakukan apa yang seharusnya dilakukan yaitu memastikan bahwa janin anda, yang menggantungkan kebutuhan bahan bakarnya pada anda mendapatkan cukup glukosa (gula).

  • Anemia

Karena volume darah meningkat selama kehamilan, maka jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah akan meningkat pula secara bertahap. Untuk mencegah terjadinya anemia wanita hamil dianjurkan untuk makan makanan yang kaya zat besi yang dapat ditemukan pada buah – buahan, sayuran, biji – bijan dan daging.

  • Kesulitan Bernafas

Banyak wanita hamil yang mengalami kesulitan bernafas ringan, yang dimulai pada trimester kedua, dan hal ini disebabkan karena hormon. Hormon – hormone membuat bengkak kapiler – kapiler dalam saluran pernafasan. Apabila terjadi kesulitan bernafas yang parah seperti disertai nafas cepat, bibir dan ujung jari membiru, nyeri dada, dan denyut nadi cepat maka segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis secara benar.

  • Mimisan dan hidung tersumbat

Tersumbatnya hidung seringkali disertai mimisan adalah keluhan yang umum pada kehamilan, mungkin karena kadar estrogen dan progesterone yang tinggi beredar dalam tubuh dan menyebabkan banyaknya aliran darah pada membrane mukosa dari hidung, membuat mereka menjadi melunak dan membengkak mirip seperti terjadi pada leher rahim dalam mempersiapkan diri untuk kelahiran.

Artikel Terkait