invisible hit counter

Tanda-tanda Umum dan Penyebab Hamil Anggur

Tanda-tanda Umum dan Penyebab Hamil AnggurHamil anggur adalah satu dari sekian banyak jenis kehamilan selain hamil prematur, kembar, dan hamil di luar kandungan. Namun demikian, ia termasuk ke dalam salah satu jenis kelainan, dan penyebab hamil anggur adalah terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang tidak normal di dalam rahim. Walau begitu, mereka yang mengalami hal ini akan merasakan gejala yang sama dengan hamil normal pada umumnya, seperti terlambat datang bulan, morning sickness, mual dan muntah. Terlebih, jika mereka melakukan tes kehamilan, maka uji tersebut akan menunjukan tanda positif. Namun ternyata, saat dilakukan pemeriksaan USG, maka dokter takkan menemukan adanya denyut jantung di dalam perut ibu tersebut.

Para pakar mengkategorikan hamil anggur ini ke dalam salah satu jenis tumor jinak yang dikenal sebagai mola atau molahidatidosa dalam istilah kesehatan, yang berarti gumpalan atau kumpulan dalam bahasa latinnya. Ia tampak seperti gumpalan-gumpalan buah anggur yang menggerombol karena adanya kegagalan pembentukan janin. Riset menemukan bahwa kelainan ini sering menyerang wanita di bawah usia 20 tahun dan mereka yang di atas 35 tahun. Di Asia, rasio wanita mengalami hamil anggur adalah 1:120, sementara di Eropa, angka ini terus mengecil hingga 1:2000. Oleh sebab itu, jika anda sudah merencanakan kehamilan, sebaiknya perbaikilah gizi anda minimal 3 bulan sebelumnya. Tujuannya, untuk memenuhi semua gizi yang diperlukan selama proses kehamilan.

Tanda-tanda hamil anggur secara umum

Di atas telah dikemukakan bahwa tanda-tanda hamil anggur nyaris sama persis dengan kehamilan normal, dan salah satu cara untuk memastikannya ialah dengan scan USG karena uji kehamilan biasa akan menunjukan bahwa anda positif hamil. Hal ini dikarenakan proses terjadinya hamil anggur yang sama dengan hamil pada umumnya, di mana terjadi pembuahan sel telur oleh sel sperma. Sayangnya, setelah pembuahan ini terjadi, proses pembentukan plasenta tidak berjalan dengan normal sehingga tidak ada janin di sana. Jika menggunakan USG, di sana akan terlihat gumpalan-gumpalan janin gagal yang terlihat bak buah anggur. Walaupun begitu, ada beberapa pedoman yang dapat anda jadikan acuan untuk mengetahui terjadinya hamil anggur ini, yaitu sbb:

  1. Perkembangan uterus yang tidak normal.
  2. Adanya rasa nyeri atau tidak nyaman di organ pelvis.
  3. Terjadi pendarahan di organ vagina.
  4. Adanya gumpalan-gumpalan yang keluar dari vagina saat terjadi pendarahan tadi.
  5. Bunda tidak pernah merasakan adanya gerakan di dalam perut dan di dalam rahim tidak ditemukan adanya denyut jantung maupun bayi menurut pemeriksaan scan USG.

Artikel Terkait