invisible hit counter

Mari Belajar Ciri-ciri Fisik Orang Hamil dan Cara Meringankan Gejalanya

Mari Belajar Ciri-ciri Fisik Orang Hamil dan Cara Meringankan GejalanyaKehamilan akan membawa perubahan yang besar bagi wanita baik secara fisik maupun emosi, dan kali ini, kita akan bersama-sama membahas ciri-ciri fisik orang hamil dan cara meringankan gejalanya. Hingga proses melahirkan nanti, tubuh wanita akan mengalami banyak hal menakjubkan mulai dari pembuahan, perkembangan, hingga kelahiran si buah hati. Tubuh wanita akan menjadi rumah bagi si kecil selama 9 bulan atau sekitar 40 minggu ke depan. Tentu saja, selama masa tersebut, wanita akan mengalami banyak perjalanan menantang, dan salah satunya ialah saat menghadapi perubahan-perubahan fisik tersebut.

Ciri-ciri fisik datangnya kehamilan dan beberapa cara meringankan gejalanya

Selama masa trisemester awal atau 12 minggu pertama, ciri-ciri fisik datangnya kehamilan hadir guna menyediakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi si kecil untuk tumbuh dan berkembang. Namun demikian, banyak dari kaum hawa yang tidak secara jelas merasakan perubahan ini. Dalam banyak kasus, mereka baru mulai menyadari adanya perubahan fisik setelah dokter mengkonfirmasi adanya kehamilan. Bahkan, banyak dari mereka yang mengaku tidak merasakan apa-apa hingga masa haid berlalu beberapa minggu. Walaupun begitu, ada juga beberapa wanita yang sudah merasakan perubahan ciri-ciri fisik orang hamil karena begitu sensitif dengan segala perubahan dan perkembangan yang terjadi.

  1. Bengkak-bengkak dan keram

Beberapa wanita akan mengalami gejala bengkak-bengkak di daerah sekitar wajah, tangan, dan kaki selama mengandung. Ciri-ciri fisik orang hamil ini akan semakin mencolok seiring dengan berjalannya waktu yang dibarengi dengan rasa keram dan geli di bagian tangan dan jari. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan di bagian pergelangan tangan. Bagian kaki juga tak luput dari rasa keram yang biasanya terjadi di malam hari. Sensasi ini disebabkan oleh perubahan tubuh dalam memproses kalsium. Untuk meringankan gejala ini, anda dapat meminum 10 gelas air putih setiap harinya dan cukup beristirahat. Lakukanlah olahraga peregangan ringan dan makan makanan yang tinggi akan kalsium. Kalau tiba-tiba keram menghampiri, maka luruskanlah bagian tubuh yang diserang itu. Hindari juga makanan-makanan asin dan minuman berkafein. Semua gejala ini akan hilang begitu anda selesai melahirkan.

  1. Gatal-gatal

Satu dari lima wanita akan mengalami gejala gatal-gatal saat sedang mengandung. Hal ini kerapkali terasa di bagian perut. Namun anda tak usah khawatir karena gejala ini adalah hal yang normal yang disebabkan oleh perubahan hormon dan peregangan kulit. Cara mengatasinya ialah dengan menggunakan sabun yang lembut serta menghindari mandi dengan air panas dan menjauhi benda-benda yang dapat menimbulkan rasa gatal.

  1. Nyeri di sekujur tubuh

Seiring dengan berkembangnya organ uterus di dalam tubuh, anda mungkin akan merasakan nyeri di bagian perut, punggung, dan paha. Beberapa wanita juga merasakan sensasi ini di daerah tulang pelvik atau pinggul karena bayi yang bertambah berat dan semakin menekan sehingga persendian tulang semakin melebar. Bahkan, dalam beberapa kasus ada juga yang merasakan nyeri mulai dari tulang belakang bagian bawah, menuju ke salah satu kaki hingga bagian lutut dan kaki. Beristirahatlah jika anda mengalami hal ini.

Artikel Terkait