invisible hit counter

Kenali 12 Ciri – ciri Hamil Muda

Kenali 12 Ciri – ciri Hamil MudaSangatlah penting bagi seorang wanita yang akan menjadi calon ibu untuk memiliki pengetahuan yang cukup tentang kehamilan. Salah satunya adalah kepekaan dalam mengenali ciri – ciri hamil muda. Karena apabila seorang wanita tidak menyadari bahwa dirinya dalam kondisi hamil, dikhawatirkan dirinya akan tetap menjalani aktifitasnya seperti biasa. Bahkan ada yang tetap bekerja dan melakukan pekerjaan berat, yang dikhawatirkan akan menyebabkan kelelahan dan dapat mengakibatkan keguguran. Hal ini yang pastinya tidak diinginkan oleh setiap wanita, oleh karena itu sangatlah penting bagi seorang wanita dapat mengenali perubahan yang terjadi dalam tubuhnya, agar dapat menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Kehamilan merupakan suatu peristiwa yang penting dalam kehidupan seorang wanita dan keluarganya. Kehamilan adalah saat – saat krisis, saat terjadinya gangguan, perubahan identitas dan peran bagi setiap orang : ibu, bapak dan anggota keluarga lainnya. Ketika wanita kali pertama mengetahui dirinya mungkin hamil, ia akan merasa syok dan menyangkal. Ada rasa ketidakyakinan dalam dirinya pada awal kehamilan, hal tersebut adalah hal yang umum terjadi dan dialami oleh wanita yang hamil muda.

Pada umumnya memang banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil, hal tersebut umum terjadi saat hamil muda atau kehamilan masih pada usia trimester pertama karena pada masa ini tidak semuanya mengalami rasa mual di pagi hari (morning sickness), ada beberapa wanita yang tidak mengalami morning sickness sama sekali selama masa kehamilannya. Untuk itu sebagai seorang wanita anda harus peka terhadap perubahan yang terjadi pada diri anda. Berikut beberapa ciri hamil muda yang perlu anda ketahui.

12 Ciri – Ciri Hamil Muda

  1. Perubahan bentuk pada Payudara

Pada masa kehamilan awal ditandai dengan nyeri pada payudara berasa seperti kesemutan dan akan terasa lebih lembut dan sensitive. Karen apada masa ini payudara mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Selain itu pada area puting susu dan areola payudara akan lebih gelap dan kelenjar – kelenjar kecil di sekitar puting menjadi menonjol.

  1. Terlambat datang bulan (menstruasi)

Pada wanita dewasa yang telah menikah dan sudah melakukan hubungan suami istri sebaiknya segera melakukan tes kehamilan pada saat mengalami terlambat menstruasi. Terlamabat menstruasi meruapakan salah satu tanda kehamilan yang paling jelas. Meskipun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Segera berkonsultasi pada dokter mengenai masalah tersebut.

  1. Mengalami mual muntah

Pada masa hamil muda saluran pencernaan mengalami gangguan, karena pada masa ini hormone estrogen mengami peningkatan sehingga memicu meningkatnya produksi asam lambung yang membuat ibu hamil mengalami mual dan muntah, dimana gejala muntah sering terjadi pada pagi hari yang umum dikenal dengan istilah morning sickness.

Artikel Terkait