invisible hit counter

Deteksi Dini Tanda – Tanda Hamil 1 Minggu

tanda tanda hamil 1 mingguPada umumnya banyak wanita yang tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil, hal tersebut biasanya terjadi pada kehamilan saat trimester pertama karena pada masa ini tidak semuanya mengalami rasa mual di pagi hari (morning sickness), ada beberapa wanita yang tidak mengalami morning sickness sama sekali selama masa kehamilannya. Bahkan tidak jarang seorang wanita baru menyadari akan kehamilannya setelah lebih dari tiga bulan usia kehamilan. Padahal pengetahuan ini sangat penting, bukan hanya untuk sang ibu tapi juga untuk calon bayinya. Karena lebih cepat seorang wanita mengetahui kehamilannya maka akan semakin baik pula dampaknya untuk calon bayi yang sedang dikandungnya.

Penting bagi seorang wanita yang akan menjadi calon ibu untuk memiliki pengetahuan yang cukup tentang tanda-tanda kehamilan minggu pertama agar dapat mendeteksi secara dini bahwa dirinya sedang hamil. Karena apabila seorang wanita tidak menyadari bahwa dirinya dalam kondisi hamil, dikhawatirkan dirinya akan tetap menjalani aktifitasnya seperti biasa. Bahkan ada yang tetap bekerja dan melakukan pekerjaan berat, yang dikhawatirkan akan menyebabkan kelelahan dan dapat mengakibatkan keguguran. Hal ini yang pastinya tidak diinginkan oleh setiap wanita, oleh karena itu sangatlah penting bagi seorang wanita dapat mengenali perubahan yang terjadi dalam tubuhnya, agar dapat menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Kehamilan merupakan suatu peristiwa yang penting dalam kehidupan seorang wanita dan keluarganya. Kehamilan adalah saat – saat krisis, saat terjadinya gangguan, perubahan identitas dan peran bagi setiap orang : ibu, bapak dan anggota keluarga lainnya. Ketika wanita kali pertama mengetahui dirinya mungkin hamil, ia akan merasa syok dan menyangkal. Ada rasa ketidakyakinan dalam dirinya pada awal kehamilan, hal tersebut adalah hal yang umum terjadi .

Setiap wanita membayangkan tentang kehamilan dalam pikirannya sendiri tentang seperti apa wanita hamil dan menjadi seorang ibu. Ia membentuk bayangan tersebut dari ibunya sendiri, pengalaman hidupnya, dan kebudayaan tempat ia dibesarkan. Persepsi ini mempengaruhi bagaimana ia berespons terhadap kehamilan. Beberapa wanita berpikir kehamilan sebagai cara untuk melestarikan alam, suatu penghargaan, atau emansipasi dari kontrol parental.

Kehamilan dapat merupakan pengabdian garis keluarga. Oleh karenanya, nama dan jenis kelamin bayi menjadi sesuatu yang amat penting. Untuk banyak orang, ideal harapan dari kehamilan, khususunya yang pertama adalah lahirnya anak laki – laki. Bagi orangtua yang demikian, lahirnya anak perempuan pada kehamilan pertama adalah suatu kegagalan untuk meneruskan nama keluarga. Sehingga setiap anggota keluarga mempunyai pandangan yang berlainan tentang kehamilan.

Kenali Tanda – Tanda Perubahan Fisik pada Kehamilan Minggu Pertama.

Ada beberapa ciri – ciri fisik orang hamil yang umum terjadi dan dialami wanita pada masa kehamilan 1 (satu) minggu pertama, antara lain :

1. Terlambat datang bulan (menstruasi)

Pada wanita dewasa yang telah menikah dan sudah melakukan hubungan suami istri sebaiknya segera melakukan tes kehamilan pada saat mengalami terlambat menstruasi.

2. Saluran Pencernaan mengalami gangguan, mengeluh mual dan muntah, dimana gejala muntah (emesis gravidarum) sering terjadi pada pagi hari yang umum dikenal dengan istilah morning sickness.Tapi bisa juga terjadi setiap saat di sepanjang hari. Biasanya terjadi 2 – 8 minggu setelah pembuahan.

Artikel Terkait