invisible hit counter

10 Tanda – tanda Pasti Hamil

10 Tanda – tanda Pasti HamilPada umumnya banyak wanita yang mungkin tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Hal ini dikarenakan kurang pekanya seorang wanita dalam mengenali perubahan yang terjadi pada dirinya baik secara fisik maupun psikis. Ketika seorang wanita mengalami perubahan fisik dan emosinya, sebiaknya peka terhadap perubuahan tersebut. Karena apabila seorang wanita peka terhadap perubahan itu maka akan semakin baik untuk kesehatan perkembangan janin yanga da dalam kandungannya. Berikut beberapa tanda – tanda pasti hamil yang perlu di perhatikan oleh seorang calon ibu :

  1. Pada pemeriksaan rontgen terlihat gambaran rangka atau tulang – tulang janin
  2. Berhentinya ovulasi atau terlambat datang bulan (menstruasi) karena ovarium telah dibuahi.
  3. Saluran Pencernaan mengalami gangguan, mengeluh mual dan muntah, dimana gejala muntah (emesis gravidarum) sering terjadi pada pagi hari yang umum dikenal dengan istilah morning sickness.Tapi bisa juga terjadi setiap saat di sepanjang hari. Biasanya terjadi 2 – 8 minggu setelah pembuahan.
  4. Gambaran janin atau kantung gestasi pada ultrasonografi terjadi pada minggu ke – 4 sampai 6 setelah pembuahan.
  5. Terdapat detak jantung janin terjadi pada Minggu ke – 10 sampai 20 minggu, didengar dengan stetoskop – monorae leanec, alat dopler atau bisa dilihat dengan USG.
  6. Gerakan janin terasa melalui dinding perut terjedi setelah 16 minggu
  7. Intensitas buang air kecil meningkat, perubahan hormon bertanggung jawab penuh atas peningkatan aliran darah, dan juga frekuensi kencing Anda.
  8. Pada daerah kulit tertentu mengalami hiperpigmentasi yaitu :

– Muka / wajah disebut masker kehamilan (chloasma gravid)

– Payudara pada area putting susu dan areola payudara akan lebih gelap

– Perut disebut dengan linea nigra striae

– Vulva

  1. Warna selaput lendir vulva dan vagina menjadi ungu
  1. Kenaikan pada suhu tubuh. Jika Anda cermati, suhu basal anda (suhu ketika anda baru bangun tidur di pagi hari) akan  meningkat hingga 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi, dan ini bisa berlangsung terus jika anda memang hamil.

Tanda – tanda yang telah disebutkan diasat dapat menjadi suatu sarana untuk mendeteksi terjadinya kehamilan, tapi yang perlu diingat adalah, anda harus tetap berpatokan terhadap diagnosa dokter. Anda harus memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk di tes kehamilan.

Selain dari tanda – tanda yang telah dijealskan di atas, ada juga beberapa tanda yang mirip dengan gejala kehamilan tetapi belum tentu merupakan tanda pasti hamil. Gejala tersebut bisa saja terjadi karena berbagai factor seperti :

  1. Amenore atau berhenti haid

Terjadinya amenore atau berhentinya haid belum tentu karena hamil hal ini bisa saja terjadi karena Perjalanan, kelelahan, stress, perasaan takut hamil, masalah hormonal atau penyakit, bertambahnya atau berkurangnya berat badan yang berlebihan, penghentian pil KB, menyusui.

  1. Mual di pagi hari (atau bisa setiap saat disepanjang hari)

Bisa saja disebabkan oleh Keracunan makanan, ketegangan, infeksi, dan berbagai jenis penyakit.

Artikel Terkait