invisible hit counter

Serba-Serbi Hamil 4 Bulan Perut Masih Kecil

Perkembangan Janin dan Keluhan Pada Hamil 4 Bulan Perut Masih KecilPada waktu hamil 4 bulan perut masih kecil, wujud janin sudah menyerupai bayi dengan wajah yang mulai terbentuk sempurna dan indera pendengaran sudah mulai bekerja. Sehingga pada tahap ini janin sudah dapat mendengarkan suara ibunya. Seorang ibu biasanya juga sudah merasakan adanya banyak gerakan yang dilakukan oleh buah hatinya di dalam perut. Kondisi ini biasanya membuat ibu merasa senang dan seakan ingin segera menimang bayinya. Ketika di USG, lekuk wajah bayi juga sudah tampak, baik mata, hidung, mulut, dan telinga bagian luar. Janin dalam kandungan pada usia kehamilan 4 bulan berukuran panjang sekitar 13 cm dan berat sekitar 140 gram.

Ketika hamil 4 bulan perut masih kecil, janin belum bisa melihat namun matanya sudah mulai sensitif terhadap cahaya. Detak jantungnya sudah mulai dapat dirasakan dan janin juga sudah mulai belajar bernafas menggunakan paru-parunya yang mulai berkembang dengan sempurna. Tempurung kepalanya mulai mengeras, kulit kepala mulai terbentuk, dan alis juga sudah mulai tampak. Pada tahap ini janin juga dapat melakukan gerakan menghisap jempolnya sehingga nampak menggemaskan. Tali pusat atau plasenta yang menghubungkan janin dengan rahim sang ibu semakin berkembang dan menguat.

Tahap perkembangan janin pada usia kehamilan 4 bulan

Yang dimaksud dengan hamil 4 bulan yaitu usia kehamilan sekitar 17 sampai 20 minggu atau sering dikatakan mulai masuk trimester kedua. Tahap perkembangan janin pada hamil 4 bulan perut masih kecil, yaitu sebagai berikut:

  • Pada usia kehamilan 17 minggu

Di usia kehamilan 17 minggu ini tubuh janin semakin berkembang mengikuti kepala, tetapi masih tampak keriput akibat belum begitu banyak menyimpan lemak. Bentuk wajah mulai jelas terlihat dengan mulut yang dapat membuka dan menutup, serta bola mata sudah dapat digerakkan walaupun kelopak matanya masih tertutup. Gerakan janin mulai terasa namun intensitasnya belum terlalu sering. Janin sudah dapat mendengar suara musik maupun suara ibunya. Pada tahap ini jari-jari janin serta sidik jarinya sudah mulai terbentuk, janin sudah dapat sedikit menggerak-gerakkan jemarinya.

  • Pada usia kehamilan 18 minggu

Ketika hamil 4 bulan perut masih kecil usia 18 minggu, gerakan janin mulai bertambah intensitasnya. Telinga sudah mulai terbentuk, dan pada permukaan kulitnya mulai berkembang pembuluh darah. Jenis kelamin janin sudah dapat diidentifikasi pada usia kehamilan ini.

  • Pada usia kehamilan 19 minggu

Pada usia 19 minggu, rambut di kepala janin sudah mulai tumbuh. Ginjalnya sudah dapat digunakan untuk mengeluarkan urine/air kencing,  dan janin sudah dapat menelan air ketuban. Persyarafan juga sudah mulai terbentuk dengan sempurna, yaitu syaraf yang berhuungan dengan indera penglihatan, peraba, dan penciuman.

  • Pada usia kehamilan 20 minggu

Pada minggu terakhir bulan ke-4 atau usia 20 minggu ini, janin mempunyai ukuran panjang sekitar 26 cm dan berat sekitar 300 gram. Janin sudah semakin sering menelan air ketuban untuk memenuhi nutrisi di dalam tubuhnya. Pada tahap ini tubuh janin dilindungi oleh lapisan lemak (vernix caseosa), dan intensitas pergerakan janin sudah semakin sering dan jelas dirasakan oleh Ibu.

Berbagai Keluhan Ibu Ketika Hamil 4 Bulan Perut Masih Kecil

Pada saat hamil 4 bulan perut masih kecil, ibu sering mengalami keluhan antara lain sebagai berikut:

1. Pusing atau sakit kepala

Pusing/sakit kepala sering dialami oleh ibu hamil yang usia kandungannya 4 bulan. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya suplai darah menuju otak. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan banyak minum air putih, menciptakan suasana yang tenang di dalam rumah/ruangan, atau dapat juga dengan meninggikan posisi kaki ketika tidur (diganjal menggunakan bantal) agar suplai oksigen ke otak menjadi lebih lancar.

2. Sering berkeringat

Pada usia kehamilan 4 bulan biasanya ibu menjadi sering berkeringat. Hal ini terjadi karena berat badan yang mulai bertambah dan peningkatan metabolisme janin di dalam rahim ibu. Cara mengatasinya yaitu memakai baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan minum air putih minimal 8 gelas per hari.

3. Mual muntah

Ketika hamil 4 bulan perut masih kecil, ibu biasanya sering mengalami mual atau muntah yang sering terjadi pada pagi hari (morning sickness). Hal ini dianggap wajar karena adanya perubahan hormonal. Untuk mengatasi keluhan ini dapat dilakukan dengan pijatan lembut di punggung oleh suami, duduk sejenak ketika bangun tidur, menerapkan pola makan sedikit tetapi sering, atau mengkonsumsi vitamin yang diresepkan oleh dokter.

4. Mengidam

Mengidam terkadang juga terjadi pada usia kehamilan 4 bulan. Mengidam merupakan respon alamiah dari tubuh yang biasanya menginginkan jenis makanan tertentu. Untuk mengatasinya, jika mengidamnya masuk akal dan merupakan makanan yang sehat maka boleh untuk dituruti, tetapi jika menginginkan hal yang tidak masuk akal atau mungkin makanan yang tidak sehat maka sebaiknya jangan dituruti karena bisa jadi hanya meruapakan sugesti dan dapat berpotensi  membahayakan ibu maupun janin.

5. Pegal-pegal dan mudah lelah

Pada usia kehamilan 4 bulan, ibu juga sudah sering mengalami pegal-pegal dan mudah lelah. Hal ini dianggap wajar akibat perubahan hormon serta aliran darah menuju janin yang sudah mulai banyak sehingga zat besi ibu dapat menurun. Untuk mengatasinya cukupi nutrisi yang banyak mengandung vitamin dan mineral serta lakukan olahraga ringan untuk ibu hamil untuk menjaga kebugaran tubuh.

6. Terkadang terjadi nyeri perut

Saat hamil 4 bulan perut masih kecil, gerakan janin sudah mulai sering terjadi. Hal ini terkadang menimbulkan nyeri pada bagian perut, baik di sebelah kanan maupun kiri. Kondisi tersebut masih dianggap wajar dan Anda hanya perlu beristirahat dengan cukup. Namun jika nyeri sudah sangat sering muncul bahkan disertai perdarahan, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Untuk menghadapi perkembangan janin pada usia kehamilan tersebut di atas, maka ibu perlu mengimbanginya dengan nutrisi yang memadai. Makanan ibu hamil 4 bulan yang baik untuk kesehatan ibu serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yaitu makanan yang banyak mengandung protein, serat, kalsium, zat besi, asam folat, vitamin, dan nutrisi penting lainnya. Ibu hamil dapat mengkonsumsi berbagai macam sayur dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi tersebut. Selain itu ibu hamil juga dapat mengkonsumsi susu untuk wanita hamil dan juga suplemen vitamin/mineral yang diresepkan oleh dokter.

Pada usia kehamilan 4 bulan, walaupun janin sudah mulai kuat berpegangan pada rahim yang dihubungan oleh tali pusat, namun ibu masih harus tetap berhati-hati menjaga kandungannya. Jangan sampai melakukan aktifitas berat/ekstrim yang dapat membahayakan janin. Makanan pun juga harus dijaga jangan sampai berdampak buruk pada perkembangan janin. Termasuk juga untuk konsumsi obat, Anda tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan kimia tanpa resep dokter karena hal ini dapat mengganggu tumbuh kembang bahkan mengancam kehidupan janin.

Artikel Terkait