invisible hit counter

Penjelasan Mengenai Penyebab dan Obat Diare untuk Ibu Hamil

Penjelasan Mengenai Penyebab dan Obat Diare untuk Ibu HamilDiare adalah salah satu gejala yang jamak dialami oleh ibu hamil. Istilah diare ini dapat diartikan sebagai aktivitas buang air besar cair/encer 3-4 kali dalam waktu 24 jam. Kalau anda mengalami hal ini maka satu hal yang wajib diperhatikan ialah untuk menjaga tubuh anda agar terhindar dari dehidrasi. Tentu saja, karena selama menderita diare tubuh pasti kehilangan banyak cairan yang pastinya sangat berbahaya bagi anda dan janin. Namun, amankah minum obat diare untuk ibu hamil? Nah, pertanyaan ini akan kita jawab nanti.

Diare kerap terjadi di masa tiga bulan awal atau trisemester pertama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh aktivitas perubahan hormon. Gejala ini umumnya tidak terlalu berbahaya bagi ibu yang sedang mengandung, tetapi demikian anda harus segera menemui dokter jika diare ini sudah dibarengi dengan demam tinggi, nyeri di bagian perut, berlendir, bahkan keluar darah saat sedang buang air besar.

Diare Pada Trisemester Awal Dan Akhir

Para ahli masih berbeda pendapat soal hubungan antara kehamilan dan diare. Beberapa menyebutkan bahwa kedua hal ini tidak ada hubungannya sama sekali. Namun, sebagian lainnya menilai bahwa perubahan hormon di dalam tubuh, terutama pada trisemester pertama, yang menjadi penyebab diare ibu hamil pada trisemester awal dan akhir. Naiknya level hormon kehamilan seperti progesteron, esterogen, dan human chorionic gonadotropin (HCG) akan berdampak pada sistem pencernaan sehingga mengakibatkan rasa mual, muntah, morning sickness, bertambahnya nafsu makan, hingga diare.

Namun demikian, jika anda mengalami diare di tiga bulan terakhir, maka hal ini bisa menjadi tanda bahwa masa kelahiran telah dekat; gejala ini bisa terjadi tepat sebelum persalinan atau bahkan beberapa minggu sebelumnya. Walaupun begitu, jika hal ini terjadi jauh sebelum tanggal kelahiran yang diperkirakan, maka bukan berarti bayi anda akan lahir prematur. Tubuh anda hanya sedang mempersiapkan diri untuk mempersiapkan tahap kandungan yang selanjutnya, jadi tenang saja!

Penyebab Diare Di Masa Kehamilan

Diare yang bertahan hingga beberapa hari atau bahkan minggu tentu membutuhkan perhatian khusus. Tak hanya membuat anda merasa tidak nyaman, tetapi hal ini juga bisa mengakibatkan tubuh anda dehidrasi berat yang mungkin akan berujung pada keguguran. Intinya, jangan pernah remehkan penyakit apapun selama masa kehamilan. Kalau demikian, apa sih penyebab diare ini? Meskipun di atas tadi telah dijelaskan bahwa masih terjadi silang pendapat di antara para ahli, bukan berarti tidak ada gunanya kita mengetahui beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab diare ibu hamil ini.

Artikel Terkait