invisible hit counter

Fakta Menarik Mengenai Penyebab, Cara Alami, dan Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil

Obat Sakit Kepala untuk Ibu HamilMenderita sakit kepala saat sedang hamil bukanlah hal yang mengejutkan, dan ia hanyalah sesuatu yang luar biasa lumrah, terutama pada trisemester pertama. Sayangnya, para pakar masih belum menemukan penyebab pasti datangnya ‘penyakit’ ini, mereka masih mencar-cari mengapa saat janin sedang berkembang di dalam perut anda bisa menyebabkan kepala sering merasa pusing. Beberapa ahli menyebut bahwa produksi hormon yang meningkat menjadi biangnya. Naiknya volume dan sirkulasi darah juga mungkin ambil bagian, terutama di awal-awal kehamilan. Selain itu, pemicu lain yang mungkin berkaitan ialah kurangnya tidur, kelelahan, alergi, stres, depresi, marah, dan dehidrasi. Pada akhirnya, orang-orang pun bertanya, amankah obat sakit kepala untuk ibu hamil?

Kenali Penyebab Sakit Kepala

Meskipun penyebab sakit kepala ibu hamil masih belum diketahui secara jelas, para peneliti percaya bahwa aktivitas sel otak yang berlebihan yang akhirnya melepas bahan kimia tertentu menjadi penyebabnya. Bahan kimia ini kemudian menganggu aliran darah ke otak. Akibatnya, saluran tersebut pun membengkak dan mengakibatkan rasa nyeri di bagian kepala. Namun demikian, terganggunya aliran darah dan adanya aktivitas hormon di dalam tubuh ibu hamil bukanlah satu-satunya penyebab semua ini lantaran banyak hal lain juga yang dapat menjadi pemicunya, seperti yang telah disebutkan di atas. Nah, salah satu cara untuk melacak penyebab sakit kepala ini ialah dengan menulis catatan harian sehingga baik anda maupun dokter dapat dengan mudah melakukan analisa. Caranya, setiap kali rasa sakit itu hadir di kepala anda, maka tulislah

  1. Gejalanya: di bagian mana anda meraskannya, bagaimana rasa sakit itu terasa, apakah dibarengi dengan gejala lain semisal mual, muntah dll, apakah akibat mencium bau-bauan tertentu dsb.
  2. Kapan sakit kepala tersebut datang dan berhenti.
  3. Makanan dan minuman yang anda konsumsi selama 24 jam terakhir sebelum sakit kepala menghampiri.
  4. Perubahan lingkungan, seperti di tempat-tempat tertentu dan cuaca.
  5. Hal-hal yang dapat memperparah rasa sakit tersebut.

Untuk poin no.3, akan sedikit kita bahas lebih jauh di bagian ini. Memang, ada beberapa jenis makanan yang diketahui dapat membuat ibu hamil sakit kepala. Makanan itu ialah:

  1. MSG (Monosodium Glutamat)
  2. Nitrit dan nitrat (biasanya ditemui di dalam daging)
  3. Pemanis buatan
  4. Beberapa macam kacang-kacangan
  5. Beberapa jenis buah (pisang, pepaya, alpokat, dan sitrus)
  6. Produk olahan susu
  7. Ikan asap
  8. Coklat dan kafein
  9. Makanan fermentasi

Artikel Terkait