invisible hit counter

Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

  • Wortel dan Tomat

Wortel selain memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, juga mengandung sekitar hampir 5 % dari kebutuhan harian asam folat Anda. Makan wortel yang di jus, atau dicampur salad akan membantu untuk meningkatkan kebutuhan Anda. Tomat selain mengandung tinggi serat dan vitamin C, ia juga kaya akan asam folat. 1 cangkir jus tomat akan memberikan sekitar 49 mcg.

  • Labu

Labu adalah sayuran yang akan menyumbang kebutuhan total folat harian Anda sekitar 14%. Dalam satu cangkir labu mengandung sekitar 57 mcg. Sementara itu, pada biji labu juga dikenall sebagai makanan yang terbaik yang memiliki serat, omega 3, dan mineral penting lainnya.

  • Pisang

Pada pisang asam folat yang ditemukan merupakan asam folat alami yang dikenal sebagia folat. Satu buah pisang yang berukuran sedang memiliki 24 mcg asam folat atau 6 % dari kebutuhan harian anda. Pada ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang setiap hari karena selain folat, pisang juga memiliki kandungan vitamin B, Vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, kalium dan mineral penting lainnya.

  • Jagung

Hanya dengan mengkonsumsi satu cangkir jagung yang telah dimasak sudah akan memberikan sekitar 76 mcg, atau hampir 20 % dari kebutuhan harian Anda. Disarankan memilih sayuran organik segar, untuk sumber terbaik nutrisi ini.

  • Kubis atau kol

Pada kubis atau disebut juga dengan kol memiliki kandungan asam folat yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan brokoli. Dalam setiap 100 gram kol memiliki 97 mcg asam folat.

Selain dari sumber makanan yang telah disebutkan di atas, anda juga dapat menjumpai asam folat pada hati ayam atau sapi dan sereal yang terbuat dari gandum utuh. Dengan mengkonsumsi sayuran atau buah – buahan di atas dalam konsumsi harian anda maka anda telah memenuhi nutrisi bagi janin dalam kandungan anda. Ibu hamil memang harus memperhatikan nutrisi bagi bayi dalam kandungannya. Termasuk mengetahui pentingnya asam folat bagi ibu hamil dapat membantu ibu untuk mencegah terjadinya bayi lahir cacat. Sehingga dapat mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan pada saat persalinan nantinya.

Artikel Terkait