invisible hit counter

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil dan Kesehatan pada Umumnya

 Kacang hijau adalah jenis kacang-kacangan yang kaya akan protein nabati yang cukup tinggi. Selain zat protein, pemilik nama latin Phaseolus aureus ini juga mempunyai kandungan gizi lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, antara lain lemak, karbohidrat, vitamin B1 dan B2, protein, serat dll. Tentu saja kacang bernutrisi ini sangat bagus untuk kita konsumsi sehari-hari, apalagi bagi ibu hamil. Nah, sesuai dengan judul di atas, kali ini kita akan membahas tentang manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan kesehatan pada umumnya. Bagi anda para ibu hamil yang sudah bosan dengan makanan itu-itu saja, maka kacang hijau dapat menjadi alternatif yang tepat dan menyehatkan. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk kecambah, anda juga dapat memakannya dalam bentuk bubur.

Wanita hamil sudah pasti diwajibkan untuk memberikan asupan gizi yang baik dan banyak pada si kecil karena selama mengandung, kebutuhan nutrisi semakin bertambah seiring semakin dekatnya masa kelahiran, dan salah satu cara memenuhi kebutuhan gizi ini adalah dengan memakan kacang hijau yang banyak manfaatnya. Apalagi kacang-kacangan berwarna hijau ini juga sangat gampang kita temui di Indonesia yang beriklim tropis. Tak perlu basa-basi lagi, langsung kita simak apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil berikut ini.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Selama bayi masih berada di dalam perut ibu, maka selama itu pula ia memperoleh semua asupan dari ibunya. Oleh karena itu, maka seorang ibu harus pandai-pandai memilih jenis makanan yang bagus untuk perkembangan janin. Apalagi, di masa-masa awal kandungan yang masih sangat rentan. Beruntung, kacang hijau mempunyai beragam zat baik untuk ibu dan si kecil, seperti dalam penjelasan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil di bawah ini.

  1. Asam folat

Asam folat berguna untuk mengurangi resiko cacat pada otak dan tulang belakang bayi, membantu proses penceranaan protein, dan menekan resiko penyakit jantung. Ia juga bermanfaat untuk membantu proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah. Ditambah, ia juga mempengaruhi kecerdasan janin. Singkatnya, asam folat merupakan zat gizi yang wajib untuk ibu hamil hingga menyusui kelak.

  1. Protein

Kandungan protein dalam kacang hijau cukup tinggi, yaitu seperempat dari total zat gizi yang ada. Protein memiliki faedah yang hampir sama dengan asam folat, yaitu menurunkan resiko cacat pada bayi. Selain itu, protein juga sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan sel-sel di dalam tubuh. Oleh karena itu, ibu-ibu yang baru saja melahirkan pun dianjurkan banyak-banyak mengkonsumsi kacang hijau. Alasannya, agar jaringan yang rusak akibat proses persalinan dapat segera diperbaiki dan sembuh. Laporan lain juga menyebutkan kandungan protein yang tinggi ini juga membantu pertumbuhan rambut si kecil. Nah, bagi anda yang menginginkan agar si buah hati mempunyai rambut yang lebat dan sehat, maka kacang hijau adalah jawaban yang tepat.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga di mana tubuh akan mengolah zat pati yang ada di dalamnya menjadi glukosa untuk membakar energi. Seperti yang kita tahu, ibu hamil membutuhkan tenaga yang jauh lebih besar daripada biasanya karena ada si kecil yang juga membutuhkan energi. Sebba inilah, maka kebutuhan akan zat karbohidrat pun turut bertambah. Jadi, mengkonsumsi kacang hijau setiap hari akan membantu menjaga stamina anda. Setiap 100 gram kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat sebesar 62,90 gram, sementara jika dalam bentuk kecambah/toge hanya 4,1 gram. Tak hanya itu, kacang hijau juga menjadi makanan yang baik bagi penderita diabetes karena ia memiliki kandungan gula yang rendah.

Artikel Terkait