invisible hit counter

Makanan untuk Ibu Hamil Trisemester Pertama: Buah & Sayur

Makanan untuk Ibu Hamil Trisemester Pertama: Buah & SayurKaya akan vitamin, mineral, dan serat, buah dan sayur memegang peran yang sangat penting dalam menu makanan ibu hamil. Jenis makanan yang terdiri dari berbagai macam warna dan rasa ini pastinya akan memberikan nutrisi yang bagus baik kandungan. Selama masa kehamilan, tentu saja setiap makanan yang masuk ke dalam perut ibu pasti berpengaruh langsung terhadap kesehatan bayi yang masih berada di dalam rahim. Terutama, pada masa tiga bulan awal yang masih sangat rentan mengalami keguguran. Dari sekian banyak makanan yang tersedia, buah dan sayur adalah makanan untuk ibu hamil trisemester pertama yang diwajibkan oleh para dokter. Bagaimana tidak, kalau ibu hamil dapat memenuhi nutrisi harian buah dan sayur yang tepat, maka potensi kelahiran bayi yang sehat juga semakin meningkat, sedangkan resiko bayi lahir cacat akan semakin menurun.

Namun begitu, di tengah-tengah rasa mual, muntah, dan lelah, mungkin makan makanan bernutrisi adalah hal terakhir yang dipikirkan oleh ibu hamil trisemester pertama. Kendati demikian, ibu hamil tak perlu terlalu khawatir akan hal ini karena di masa ini ibu hamil tidak perlu terlalu ‘ngoyo’ untuk menambah berat badan. Yang terpenting adalah mengejar kualitas ketimbang kuantitas. Makanan untuk ibu hamil trisemester pertama sangat bervariasi, dan yang terpenting adalah bahwa sang ibu merasa aman dan nyaman dengan makanan yang mereka konsumsi. Seandainya ibu hamil tak bisa langsung makan dalam porsi besar, maka makanlah sedikit demi sedikit. Selain menghindari rasa kantuk yang berlebihan setelah makan, cara ini juga membantu mereka tetap berstamina sepanjang hari.

Sayuran untuk Ibu Hamil Trisemester Pertama

Sayuran sangatlah penting bagi semua orang. Mereka mempunyai banyak nutrisi berkhasiat termasuk vitamin, mineral, dan serat. Banyak ibu hamil yang kehilangan selera makan di masa kehamilan awal lantaran dibekap rasa mual dan muntah yang amat sangat. Walau demikian, mereka tetap harus makan makanan sehat secara teratur setiap harinya. Berbicara tentang sayuran, hampir semua jenis makanan ini sangat baik untuk kehamilan. Namun, di sini kita hanya akan mengupas beberapa jenis sayuran untuk ibu hamil trisemester pertama yang sangat direkomendasikan.

  1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu macam sayuran yang sangat sering kita jumpai. Sayuran berawarna hijau ini mengandung kadar vitamin A dan C yang sangat tinggi. Ia juga kaya akan asam folat dan kalsium. Ibu hamil dapat memakannya setelah dimasak atau setengah matang. Namun, pastikanlah bahwa anda mencuci bersih sayuran ini terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Sedikit tips, semakin gelap warna brokoli, maka semakin banyak pula nutrisi yang ada di dalamnya.

  1. Wortel

Biasanya, orang mengenal sayuran yang satu ini dengan kandungan vitamin A dan C-nya yang sangat banyak. Namun sesungguhnya, ia juga mempunyai zat bergizi lain seperti vitamin B6 dan betakarotin. Semua khasiat ini berguna untuk perkembangan mata, tulang dan gigi. Sebagai sumber serat yang bagus, wortel juga bermanfaat untuk mencegah gejala sembelit yang sering menghampiri ibu hamil trisemester pertama. Ibu hamil dapat menikmati wortel dengan mencampurkannya ke dalam sup, salad, dikukus dulu, atau bahkan dibuat jus.

Artikel Terkait