invisible hit counter

Berbagai Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu HamilJanin adalah anugerah yang menyempurnakan hidup seorang wanita. Janin nantinya akan lahir sebagai penerus keluarga dengan gen orang tua yang mengalir di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, telah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap ibu hamil untuk mengetahui apa saja yang menjadi makanan sehat bagi ibu hamil. Mengapa?. Sebab makanan yang dikonsumsi ibu hamil tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, melainkan juga bermanfaat untuk janin yang dikandung. Dengan kata lain, menjaga kualitas asupan makanan akan membuat janin yang di kandung juga tumbuh sehat. Dengan menjaga kualitas dan jenis makanan yang ibu hamil konsumsi secara tidak langsung itu adalah bentuk perhatian serta kasih sayang calon ibu kepada darah dagingnya karena janin akan menyerap asupan yang di konsumsi oleh ibunya.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Bicara tentang makanan sehat untuk ibu hamil, maka itu berarti kita tidak sedang bicara tentang jumlah atau kuantitas, melainkan bicara tentang kualitas. Mengkonsumi makan dengan jumlah yang banyak tapi tidak berkualitas tentu tidak ada gunanya. Oleh sebab itu di bawah ini akan disebutkan dan dijelaskan jenis makanan yang secara garis besar adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

  1. Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

Ibu hamil sering kali mengalami kondisi dimana tubuh sering cepat merasa lelah, meskipun mereka tidak melakukan pekerjaan rumah yang terlampau berat. Kondisi ini tentu sangat cocok jika kita padukan dengan manfaat karbohidrat, dimana karbohidrat itu sendiri merupakan salah satu sumber energi tubuh manusia. Dengan kata lain, makanan yang mengandung karbohidrat merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil – sebagai sumber atau asupan energi – oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk ibu hamil agar mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat secara teratur. Apa saja jenis makanan yang mengandung karbohidrat?. Ada beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang dapat kita ketahui, yaitu roti, sagu dan masih banyak lainnya. Selain dapat dijadikan sebagai salah satu asupan makanan untuk meningkatkan energi bagi ibu hamil, makanan yang mengandung karbohidrat juga sangat berguna untuk menghindari rasa mual yang berujung pada hilangnya nafsu makan.

  1. Makanan Berprotein

Selain karbohidrat, protein yang terkandung dalam berbagai jenis makanan juga sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu manfaat dari makanan yang berprotein adalah mampu menguatkan janin di dalam kandungan. Oleh sebab itu, makanan yang mengandung protein dapat dijadikan salah satu daftar menu makanan yang sehat untuk ibu hamil. Namun, sudahkah anda tahu makanan berprotein tersebut?. Terdapat banyak makanan yang mengandung protein, contohnya adalah: susu, daging, telur, ikan, dan lain-lain. Akan tetapi ada beberapa makanan yang meskipun mengandung protein tapi sebisa mungkin harus dihindari karena beberapa alasan lain. Ya, tidak semua makanan berprotein dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Misalnya jika ibu yang sedang hamil memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau jika dalam ilmu kedokteran disebut hipertensi, maka ada beberapa dari jenis daging yang jika dimakan justru akan memicu terjadinya lonjakan tekanan darah – hipertensi semakin parah. Namun, lonjakan yang terjadi dapat saja dihindari dengan pola konsumis yang memperhatikan kadar atau jumlah konsumsi dan disesuaikan dengan keadaan.

  1. Sayuran

Sayuran memang termasuk ke dalam salah satu menu 4 sehat 5 sempurna. Dan tak heran jika sayuran juga salah satu makanan sehat yang bermanfaat untuk ibu hamil. Ada banyak jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh manusia, terlebih lagi untuk ibu hamil. Salah satu yang bermanfaat adalah wortel, biji-bijan, dan masih banyak yang lainnya. Sayur mayur mampu meningkatkan hemoglobin ke setiap sel tubuh dan sekaligus bisa menghasilkan energi bagi tubuh, hal ini tentu juga sangat cocok dengan keadaan ibu hamil yang sangat mudah lelah. Sayur mayur berwarna hijau mengandung banyak sekali gizi yang tentu sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Oleh sebab itu, konsumsilah sayuran secara teratur, dengan jenis sayuran yang benar, dengan pengolahan yang tepat dan jumlah yang pas.

  1. Buah Segar

Buah-buahan memiliki manfaat. Ya, hal ini bukan rahasia umum lagi bahwa buah-buahan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Darimana manfaatnya?. Manfaat buah yaitu berasal dari banyaknya kandugan terdapat di dalam buah-buahan, seperti vitamin dengan berbagai jenis; vitamin A, B, C, dan lain-lain, kalsium, zat besi, dan masih banyak kandungan lainnya yang dapat kita peroleh dari dalam buah. Oleh sebab itu, buah sapat dijadikan sebagai salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Akan tetapi, ada beberapa buah yang dipercaya dapat memicu keguguran jika dikonsumsi, dengan kata lain tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah yang selama ini diyakini dapat memicu keguguran adalah nanas. Konsultasikanlah ke dokter kandungan mengenai buah apa yang baik untuk dikonsumsi. Dan usahakanlah untuk mengkonsumsi buah yang masih segar dan bersih.

Semoga Bermanfaat

Artikel Terkait