invisible hit counter

Kenali Ciri-Ciri Kanker Serviks Stadium Awal supaya Lebih Waspada

Kenali Ciri Ciri Kanker Serviks Stadium Awal supaya Lebih WaspadaBagi sebagian masyarakat awam, mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa saja ciri ciri kanker serviks stadium awal. Padahal seperti yang sudah diketahui oleh masyarakat pada umumnya bahwa kanker serviks ini merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang bisa menggerogoti kesehatan seorang wanita, bahkan yang terparah bisa sampai meninggal. Kanker serviks sendiri adalah jenis penyakit yang paling ditakuti dan dihindari oleh semua kaum wanita. Pasalnya di negara Indonesia sendiri, sepertiga dari total keseluruhan pasien penderita penyakit kanker adalah penderita kanker serviks yang siap merenggut nyawa siapapun. Bahkan tak bisa dipungkiri bahwa penyakit ini adalah salah satu penyebab kematian wanita peringkat atas yang sangat berbahaya. Sesuai dengan namanya, kanker ini menyerang bagian organ kewanitaan dan tepatnya menyerang bagian leher rahim. Begitu berbahayanya penyakit ini seharusnya membuat masyarakat semakin sadar dan waspada supaya masyarakat mempelajari dan mencari informasi tentang kanker serviks. Mulai dari berbagai penyebab kanker serviks, ciri ciri kanker serviks stadium awal, cara pencegahan, dan juga cara penyembuhannya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan singkat yang telah kami rangkum berikut ini.

Faktor Penyebab Penyakit Kanker Serviks pada Wanita

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kanker serviks ini adalah penyakit kanker yang menggerogoti kesehatan wanita dengan menyerang bagian leher rahim. Penyebab utamanya adalah virus bernama Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini juga terdiri dari beberapa tipe, dan tipe virus yang biasanya mengakibatkan wanita meninggal adalah virus HPV tipe 16 dan HPV 18. Virus jenis ini bisa berpindah tempat dan tersebar melalui cairan. Bahkan virus ini bisa berpindah atau menular melalui sentuhan kulit saja. Berbahaya sekali, bukan? Selain itu bagi Anda yang sering pergi ke WC umum, Anda juga harus sangat waspada, karena virus HPV yang hinggap di WC umum akan sangat mudah menjangkit orang yang masuk dan menggunakan WC (wanita) tersebut apabila WC tidak dibersihkan secara rutin.

Selain itu munculnya ciri ciri peyakit kanker serviks yang menjangkit seseorang biasanya muncul dari pola hidup kurang baik dan akhirnya seseorang bisa terkena kanker serviks. Pola hidup yang kurang bersih dan tidak sehat bisa menjadi salah satu pemicunya. Beberapa faktor penyebab kanker serviks ini diantaranya adalah kekurangan vitamin C, vitamin E dan asam folat. Selain itu kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan seperti merokok juga bisa menjadi salah satu pemicu berbahaya yang bisa membuat seorang wanita terkena kanker serviks. Selain itu bagi wanita yang belum menikah dan sering berganti-ganti pasangan untuk melakukan hubungan intim juga sangat berisiko terkena kanker serviks. Apalagi bagi wanita yang usianya masih di bawah 16 tahun risikonya dua kali lipat lebih besar. Namun bagi Anda yang sudah berkeluarga Anda juga perlu waspada karena ternyata penyakit kanker yang menyerang leher rahim ini juga bisa menyerang Anda jika Anda menggunakan pil KB dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ciri Ciri Kanker Serviks Stadium Awal yang Harus Diwaspadai Para Wanita

Nah, supaya Anda bisa lebih mewaspadai jenis penyakit kanker yang sangat berbahaya ini. Para wanita sudah seharusnya mempelajari dan mengetahui berbagai macam gejala atau pertanda kanker serviks. Tujuannya adalah supaya Anda bisa mendeteksi penyakit ini sejak dini dan supaya penanganan medis bisa dilakukan sedini mungkin. Pasalnya karena penyakit ini sudah semakin parah, cara penyembuhannya pun akan semakin sulit dan Anda juga akan merasa sangat tidak nyaman tentunya. Pasalnya untuk menjadi sebuah kanker yang membahayakan kesehatan, penyakit ini membutuhkan waktu sekitar 10 sampao 20 tahun untuk berkembang. Maka dari itu jika Anda mengetahui ciri ciri kanker serviks stadium awal sejak dini, maka Anda tidak terlalu berisiko mengalami kanker ganas yang sangat berbahaya.

Nah, supaya Anda bisa lebih mewaspadai penyakit ini sejak dini, ada beberapa ciri awal yang mungkin bisa Anda deteksi sendiri supaya selanjutnya Anda juga bisa melakukan penanganan secepatanya. Biasanya penderita kanker serviks akan merasa sakit atau akan terjadi perdarahan ketika wanita melakukan hubungan intim dengan pasangannya. Selain itu, gejala berupa keputihan yang semakin lama semakin tidak normal dan juga perdarahan yang banyak juga menjadi salah satu pertanda atau ciri ciri penyakit kanker serviks Anda yang selanjutnya harus sangat Anda waspadai. Pertanda lain adalah munculnya rasa nyeri atau sakit ketika Anda buang air kecil. Dan ketika Anda sedang datang bulan atau menstruasi, darah yang keluar jumlahnya biasanya lebih banyak ketimbang wanita normal. Jika kankernya sudah semakin berkembang dan sudah berlanjut ke stadium yang lebih tinggi, maka napsu makan akan semakin turun dan membuat berat badan menjadi tidak stabil. Bagian paha atau salah satunya biasanya akan bengkak, susah buang air kecil, bahkan Anda bisa mengalami perdarahan tanpa sebab. Bagaimana? Apakah selama ini Anda merasa sudah mengalami beberapa gejala yang tadi dijelaskan? Jika iya, sebaiknya Anda lebih waspada lagi dan segera memeriksaan kesehatan organ kewanitaan Anda ke dokter.

Tips Mencegah Penyakit Kanker Serviks

Setelah mengetahui apa saja faktor penyebab kanker servik dan juga ciri ciri kanker serviks stadium awal, kali ini kami juga akan memberikan sedikit tips kepada para wanita untuk mencegah penyakit kanker serviks yang berbahaya ini. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjalankan pola hidup yang sehat. Langkah sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi segala jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi serta gizi harian Anda. Selain itu, pastikan juga Anda rajin mandi alias rajin menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Akan tetapi ketika Anda hendak membersihkan bagian vital, usahakan selalu menggunakan air bersih supaya Anda tidak terjangkit virus HPV tipe apapun.

Jika Anda sudah menikah dan sudah memiliki pasangan, pastikan Anda setia terutama saat melakukan hubungan intim. Hal ini dikarenakan berganti-ganti pasangan bisa membuat Anda jauh lebih berisiko terkena kanker serviks. Anda juga disarankan untuk melakukan vaksinasi HPV. Mengapa demikian? Tentunya untuk mencegah virus ini menginfeksi dan mulai mengobrak-abrik kesehatan organ intim Anda. Vaksin ini terutama harus diberikan kepada para wanita yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan suami istri. Selain itu konsumsilah makanan-makanan terutama sayuran yang banyak mengandung vitamin C, E dan juga beta karoten.

So, itu tadi adalah penjelasan singkat kami mengenai apa saja penyebab kanker serviks, ciri ciri kanker serviks stadium awal dan juga bagaimana tips mencegah kanker serviks sejak dini. Jadi setelah Anda membaca artikel tadi, semoga Anda bisa lebih waspada dan lebih peduli kepada kesehatan Anda pribadi, terutama kesehatan organ intim Anda. Sekian artikel tentang kanker serviks kali ini dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait