invisible hit counter

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

8. Ibu hamil dapat melakukan kompres air dingin ke daerah kaki yang bengkak sebnayak 3 kali dengan kurun waktu kurang lebih 15 sampai 20 menit. Bungkus kompres dingin dengan handuk, jangan langsung mengaplikasikan pada kulit Anda. Tetapi untuk hal ini anda harus mengkonsultasikan dulu dengan dokter.

9. Ibu hamil juga bisa meminta bantuan pada pasangan anda untuk melakukan pemijatan pada kaki secara teratur, hal ini bisa membantu meredakan bengkak pada kaki serta memberikan rasa nyaman dan rileks serta dapat meredakan rasa lelah anda.

10. Dari segi makanan ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan kalium seperti pisang, karena hal ini bisa meminimalkan pembengkakan saat hamil. Kalium memiliki fungsi menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh

11. banyak air putih sekitar 2 hingga 3 liter air atau kurang lebih 10 gelas selama masa kehamilan.

12. Hindari konsumsi kafein karena dapat menyebabkan bengkak pada tubuh

13. Kurangi konsumsi garam selama masa kehamilan. Karena garam dapat menyebabkan retensi air. Jadi lebih baik anda menghindari makanan yang terlalu asin dan cobalah makanan yang mengandung sodium lebih rendah.

Kaki bengkak saat hamil merupakan hal yang normal dan wajar terjadi, pada umumnya banyak ibu hamil yang juga mengalaminya. Akan tetapi ibu hamil harus tetap waspada apabila terjadi pembengkakan yang parah dan diiringi dengan sakit kepala, dan rasa sakit pada betis atau paha. Segeralah berkonsultasi pada dokter agar segera dilakukan pemeriksaan sehingga dapat diketahu penyebabnya. Demi keselamatan anda dan bayi maka menjadi ibu hamil harus cerdas, cepat tanggap dan sigap menghadapi segela sesuatu yang terjadi saat kehamilan.

Artikel Terkait