invisible hit counter

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

3. Saat tidur ambilah posisi miring ke kiri, posisi tidur ini bisa  mengurangi tekanan pada tubuh dan memberikan tekanan pada vena besar yang mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung. Angkatlah kaki anda sedikit dengan diganjal bantal.

4. Jangan mengenakan sepatu yang ukurannya kekecilan. Hal ini bisa membuat kaki terikat dan tertekan, sehingga peredaran darah terhambat. Sebaliknya buatlah kaki Anda nyaman, misalnya dengan memakai ukuran sepatu yanglebih besar dari ukuran biasanya.

5. Cobalah menggunakan kaus kaki atau stocking pendukung yang memang khusus dibuat untuk membantu mengurangi edema. Anda bisa berkonsultasi pada dokter atau tenaga kesehatan lainnya untuk bisa mendapatkan referensi tempat penjualannya.

6. Ibu hamil bisa melakukan aktivitas seperti berenang. Saat berenang cobalah untuk berjalan di dasar kolam, karena daya apung di dalam kolam bisa mengangkat bayi. Sehingga bisa melancarkan peredaran darah bagi ibu hamil. Selain itu ibu hamil juga dapat merendam kaki di kolam renang dengan aktivitas ini bisa memberikan kompres dan tekanan pada kaki sehingga bisa meredakan bengkak sementara.

7. Melakukan olahraga ringan secara rutin seperti jalan kaki di sekitar rumah saat pagi hari. Karena dengan olahraga maka ibu hamil dapat meningkatkan kesehatannya dan juga baik untuk kesiapan fisik saat menjelang persalinan nantinya.

Artikel Terkait