invisible hit counter

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat HamilPenyebab Kaki Bengkak Saat Hamil, Apa Saja?

Ketika seorang wanita saat memasuki masa kehamilan pasti akan merasa bahagia, tapi tak jarang selama masa kehamilan tersebut seorang wanita pasti akan mengalami banyak keluhan terkait dengan kehamilannya itu. BIasanya yang banyak dikeluhkan oleh seorang ibu hamil adalah kaki bengkak atau dikenal dengan edema pada dunia medis. Kaki bengkak dikeluhkan oleh ibu hamil saat usia kehamilannya menginjak 5 bulan dan akan berlangsung dan meningkat hingga trimester ketiga.

Penyebab kaki bengkak saat hamil ditentukan oleh banyak faktor, bisa saja dikarenakan oleh perkembangan tubuh yang mulai memproduksi banyak cairan dan darah, semakin membesarnya rahim sehingga menekan pembuluh darah yang akhirnya menggangu aliran darah kembali ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan kaki dan pergelangan kaki. Terjadinya perubahan hormon juga dapat menjadi pemicu kaki bengkak. Bahkan bisa saja yang mengalami pembengkakan bukan hanya pada kaki tapi juga wajah, lengan dan tangan. Tapi hal ini dikarenakan tekanan darah yang tinggi (hipertensi) dan tingginya kadar protein, hal ini dalam dunia kesehatan biasa disebut dengan pre-eklampsia.

Edema atau kaki bengkak saat hamil juga bisa disebabkan oleh aktivitas sehari – hari seperti berdiri atau duduk terlalu lama, lelah berjalan kaki, dan kondisi cuaca yang panas. Karena semakin hari perut akan semakin membesar sehingga beban yang dibawa oleh ibu juga akan semakin berat, sehingga jika terlalu banyak aktivitas dan lelah makan juga bisa menjadi pemicu terjadinya bengkak pada kaki. Bengkak yang terajdi pada kaki ini sering dianggap hal yang wajar dan biasa teradi pada ibu hamil, , tapi apabila pembengkakan yang dialami semakin parah maka ibu hamil harus segera melakukan penanganan khusus. Agar kondisi tersebut tidak terjadi terus menerus dan semakin parah.

13 Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

1. Sering – seringlah mengistirahatkan kaki terutama apabila anda sedang melakukan aktivitas sehari – hari, jangan terlalu lama berdiri atau duduk dengan kaki yang menggantung di bawah. Cobalah duduk dengan kaki yang dapat diluruskan dan disangga, hal ini dapat mengurangi beban yang ditumpu oleh kaki selama ini.

2. Jangan duduk dengan menyilangkan kaki, karena akan membuat kaki anda semakin bengkak sebab aliran darah menjadi tidka lancar. Ketika Anda duduk, putarlah pergelangan kaki anda. Lebih baik dilakukan sambil berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi.

Artikel Terkait