invisible hit counter

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual Saat HamilMual saat hamil. Hal ini bukanlah hal yang asing lagi untuk kita. Sebab kita tentu sudah tahu bahwa kebanyakan ibu yang sedang hamil maka akan mengalami mual, bahkan tak jarang hingga muntah-muntah. Gejala mual pada ibu hamil ini disebut emesis gravidarum atau juga sering disebut dengan sebutan morning sickness. Morning sickness atau mual pada ibu hamil ini pada umumya hanya terjadi pada trimester pertama masa kehamilan, sedangkan selanjutnya akan berkurang bahkan menghilang dengan sendirinya setelah usia kehamilan melewati trimester kedua dan juga trimester ketiga. Namun, ada beberapa ibu hamil yang bahkan mengalami hal ini sepanjang hari. Jika ini terjadi pada Anda, maka tentu akan repot, bukan?. Apa penyebab mual pada ibu hamil?. Mual pada ibu hamil terjadi sebagai akibat dari peningkatan hormon – progesteron dan estrogen – ketika seorang wanita sedang hamil. Meskipun pada umumnya mual yang dialami oleh ibu hamil adalah hal yang sangat wajar dan tergolong tidak terlalu berbahaya, tapi tetap saja sebisa mungkin harus diatasi, sebab dikhawatirkan mual yang terjadi dalam jangka waktu yang lama dan mengganggu kesehatan ibu hamil. Lantas bagaimana cara mengatasi mual saat hamil?. Selanjutnya kita akan membahas mengenai cara mengatasi mual saat hamil.

Bagaimanakah Cara Mengatasi Mual Saat Hamil?

  1. Konsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Memperhatikan keseimbangan gizi adalah salah satu langkah awal mengatasi mual saat hamil. Ibu yang sedang hamil dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, contohnya adalah kentang, roti, ubi-ubian, biskuit, dan lain-lain. Jenis-jenis makanan tersebut sangat bergua untuk membantu mengatasi mual saat hamil. Selanjutnya, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam mengatasi rasa mual saat hamil, maka Anda dapat juga memilih jenis makanan yang mengandung vitamin B6 secara cukup. Vitamin B6 ini memiliki sifat anti mual. Apa contoh makanan yang mengandung B6?. Contohnya adalah: ragi, kacang-kacangan, pisang, tebu, pepaya, jamur, kentang, dan lain sebagainya.

  1. Konsumsilah Buah-buahan

Buah-buahan sangat baik jika dikonsumsi, terutama jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab buah memiliki banyak vitamin dan antioksidan yang sangat bermanfaat. Namun, manfaat buah tidak hanya itu saja, buah juga dapat membantu Anda mengatasi rasa mual ketika Anda hamil, terutama jika buah-buahan tersebut masih segar dan sedikit dingin. Nah, jika saat Anda hamil maka Anda merasakan gejala morning sickness atau rasa mual, maka memakan buah segar dan dingin dapat dijadikan alternatif.

  1. Olah Raga Secara Teratur

Olah raga secara teratur dapat menjadikan tubuh Anda sehat, janin Anda sehat, dan juga sangat bermanfaat untuk jangka panjang. Namun, tahukah Anda bahwa olah raga secara teratur juga mampu membantu mengatasi mual saat hamil?. Ya, benar adanya bahwa oleh raga secara teratur, olah raga ringan seperti berjalan kaki, dapat membantu Anda mengurangi mual yang terjadi, oleh sebab itu, rutinlah untuk olah raga berjalan kaki di pagi dan sore hari.

Artikel Terkait