invisible hit counter

Dilarang Potong Rambut Saat Hamil Mitos atau Fakta ?

Dilarang Potong Rambut Saat Hamil Mitos atau Fakta ?Rambut merupakan mahkota bagi seorang wanita. Rambut yang sehat, lebat, dan berkilau merupakan kebanggan tersendiri bagi wanita. Akan tetapi bila rambut sedikit saja mengalami keruskan atau gangguan maka seorang wanita akan berusaha merawatnya agar sehat kembali. Biasanya permasalahan pada rambut akan muncul pada saat kehamilan atau setelah persalinan. Beberapa mitos rambut saat kehamilan maupun setelah bersalin biasanya akan muncul, beberapa pertanyaan yang sering membuat anda bingung.

Adapun pertanyaan-pertanyaan seputar rambut yang beberapa berkembang menjadi mitos menakutkan saat kehamilan dan setelah melahirkan adalah sebagai berikut :

  • Memotong Rambut Saat Hamil Bisa Membuat Anak Cacat

Ini merupakan mitos yang sudah beredar di masyarakat yang mengatakan bahwa bila ibu hamil memotong rambutnya maka anak yang dilahirkannya nanti akan menjadi cacat. Namun hal ini hanyalah mitos yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Jadi apabila Ibu hamil ingin tetap tampak segar dan cantik, ikat rapi rambut dengan tidak terlalu kencang agar terhindar dari kerontokan. Hal ini akan mengurangi rasa gerah akibat aktifnya pengeluaran keringat pada saat hamil. Dan apabila solusi tersebut tidak berfungsi maksimal, jangan ragu untuk memotong rambut agar tampak segar karena selain menunjang penampilan juga akan lebih mudah dalam melakukan perawatan rambut selama kehamilan.

  • Rambut Rontok Saat Hamil

Dalam hal ini bukanlah mitos tapi fakta. Kerontokan rambut  merupakan pertanda adanya perubahan hormon saat kehamilan, oleh sebab itu tubuh ibu hamil memerlukan nutrisi yang lebih dari pada sebelum hamil. Dengan meningkatkan asupan gizi dan vitamin yang cukup. Sebaiknya anda juga banyak makan makanan yang memiliki protein tinggi, minum jus dari buah segar, hindari penggunaan hairdryer, kipas angin maupun terkena sinar matahari secara langsung karena hal ini dapat membuat rambut menjadi lebih rapuh, kering dan pecah – pecah.

  • Setelah Melahirkan Dilarang Kramas selama 40 Hari

Hal ini merupakan mitos, justru seharusnya setelah mengalami proses persalinan ibu hamil harus tetap menjaga kondisi kesehatan rambut. Mencuci rambut boleh dilakukan kapan saja asalkan dengan catatan, anda dalam kondisi sehat dan tidak mengalami gangguan  komplikasi misalnya  perdarahan, anemia, atau hipertensi. Karena selain bau keringat dan atau mungkin terkenan darah setelah persalinan bila tidak mencuci rambut anda maka justru akan menjadi sarang kuman dan penyakit yang akan menimbulkan keluhan kesehatan lainnya.

Artikel Terkait