invisible hit counter

Cara Mudah Mengetahui Masa Subur Wanita untuk Hamil dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Cara Mudah Mengetahui Masa Subur Wanita untuk HamilMengetahui masa subur wanita untuk hamil dan faktor-faktor yang mempengaruhinya sangatlah penting untuk setiap pasangan. Alasannya sederhana, selain agar dapat segera memperoleh kehamilan, hal ini juga penting untuk diketahui bagi mereka yang tidak menginginkan kehadiran si kecil. Segala hal yang berkaitan dengan kesuburan bergantung pada siklus menstruasi seorang wanita, bahkan hal ini juga dapat menentukan jenis kelamin janin nantinya. Nah, jika seorang wanita mengerti benar siklus ini, maka ia dapat memprediksikan kapan waktu yang tepat untuk bercinta guna mendapatkan seorang anak sekaligus mengetahui kapan waktu yang bagus untuk menghindari terjadinya pembuahan.

Namun, sebelum kita membahas cara mengetahui masa subur wanita untuk hamil, ada baiknya kita sedikit mengetahui hal-hal mendasar soal kandungan, yaitu ovulasi dan menstruasi. Ovulasi adalah peristiwa lepasanya sel telur dari tuba falopi. Berbeda dengan pria yang dapat memproduksi sel sperma kapan saja dan memiliki waktu hidup lebih lama di dalam tubuh wanita, sel telur wanita hanya memiliki jangka hidup 24-48 jam sejak masa ovulasi terjadi. Kalau dalam waktu tersebut tidak ada sel sperma yang datang untuk membuahi, maka sel telur ini akan dikeluarkan oleh tubuh lewat proses menstruasi.

Menstruasi atau yang dikenal dengan datang bulan atau haid, umumnya terjadi setiap 28 hari. Walaupun demikian, hal ini tidak serta merta menjadi patokan paten karena setiap wanita mempunyai siklus yang mungkin berbeda dari biasanya; bahkan, ada yang mencapai 30 atau 32 hari. Hal inilah yang kerapkali mejadi kendala bagi wanita untuk memprediksikan masa subur.

Faktor Yang Mempengaruhi Masa Subur Wanita Untuk Hamil

Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi ‘normal’, maka mereka dapat mengatahui waktu subur untuk hamil dengan cara melakukan perhitungan sederhana. Caranya, hari pertama wanita mengalami haid digunakan sebagai patokan. Nah, jika siklus normal terjadi setiap 28 hari, maka peluang terjadinya ovulasi biasanya terjadi pada hari ke 14 atau pertengahan siklus. Dalam kasus ini, maka hari ke 12 hingga 16 adalah masa tersubur wanita untuk hamil. Oleh karena itu, maka sering-seringlah bercinta dengan pasangan di waktu ini. Namun begitu, peristiwa kehamilan tak hanya bergantung pada proses ovulasi saja karena ada juga faktor-faktor yang mempengaruhi masa subur wanita untuk hamil. Apa saja faktor tersebut? Mari kita simak penjelasan di bawah ini!

  1. Usia

Sebuah fakta yang tak dapat ditepis adalah bahwa kesuburan wanita akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Banyak orang percaya bahwa tingkat kesuburan ini akan menurun secara signifikan begitu wanita memasuki usia ke 35, tetapi riset terakhir menyimpulakn bahwa level fertilitas akan terus menurun setelah berusia 26 tahun. Secara lebih detail, statistik data tersebut menunjukan bahwa di usia ke 27 hingga 34 tahun, maka peluang wanita untuk hamil menurun hingga 40% daripada mereka yang berusia 19-26 tahun (masa tersubur). Apalagi jika si wanita sudah berusia 35 tahun dan sang suami berumur 5 tahun lebih tua, maka kemungkinan untuk hamil terus merosot hingga 30% lantaran kuantitas dan kualitas sel sperma pria yang tak lagi maksimal.

  1. Proses ovulasi

Selain umur, proses ovulasi juga menjadi faktor kunci dalam kehamilan. Untuk itulah, maka ada baiknya jika seorang wanita mengetahui kapan saja peristiwa ovulasi terjadi di dalam tubuhnya. Umumnya, masa subur seorang wanita untuk hamil hanya akan berlangsung selama 5 hari dalam siklus ovari 28 hari. Sementara itu, lama siklus ovari sendiri biasanya terjadi antara 24-35 hari sehingga waktu tersubur jatuh pada hari ke 12 hingga 16, seperti yang telah kita sebutkan di atas. Merencanakan sebuah kehamilan memang membutuhkan pengetahuan akan siklus ini. Oleh karenanya, seorang wanita harus benar-benar memahami siklus ini karena setiap wanita mempunyai panjang siklus yang bervariasi.

Artikel Terkait