invisible hit counter

Buah-Buahan yang Penting Dikonsumsi oleh Ibu Hamil Muda

Buah-Buahan yang Penting Dikonsumsi oleh Ibu Hamil MudaUsia kehamilan muda adalah masa krusial untuk suatu kehamilan. Faktanya, 80% keguguran terjadi pada trimester 1 atau pada 3 bulan pertama kehamilan (sumber: http://www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-miscarriage), oleh karenanya perawatan kehamilan pada usia ini haruslah benar-benar diperhatikan, baik dari segi mengurangi kegiatan fisik, menjaga kesehatan ibu hamil, dan tentunya berhati-hati dalam mengonsumsi makanan.

Pada saat hamil, tidak sembarang buah boleh dikonsumsi, contohnya nanas, durian, dan delima. Beberapa pendapat mengatakan boleh dikonsumsi asalkan dalam jumlah terbatas, namun mengingat tinggi angka keguguran pada kehamilan muda, pada usia kehamilan ini sebaiknya buah-buahan tersebut tidak dikonsumsi.

Ada banyak buah-buahan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, buah-buahan yang memiliki nutrisi tinggi yang bermanfaat untuk perkembangan embrio, menjaga kesehatan sang ibu, dan juga bisa mengurangi rasa mual pada masa kehamilan muda.

Beberapa Buah untuk Ibu Hamil Muda yang Perlu Dikonsumsi

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan, daripada jenis makanan lain, karena saat hamil, terutama hamil muda, konsumsi makanan akan berkurang karena seringnya rasa mual dan rasa sembelit, karenanya konsumsi makanan bernutrisi tinggi sangatlah dibutuhkan. Berikut adalah beberapa buah yang dianjurkan untuk ibu hamil muda.

1. Apel

Buah yang sangat digemari masyarakat ini selain bagus dikonsumsi sehari-hari juga dianjurkan dikonsumsi saat hamil. Kaya akan vitamin B komplek, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, dan B9, juga memiliki vitamin A dan C. Kandungan serat pada buah ini bagus untuk mengurangi rasa sembelit yang kadang terjadi pada masa kehamilan.

2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak nabati yang dibutuhkan tubuh, bukan lemak hewani yang mengandung kolesterol jahat. Kandungan asam folat pada buah ini sangat penting untuk perkembangan embrio/janin. Asam folat dibutuhkan untuk perkembangan tiap sel, pada masa kehamilan, kekurangan folat akan menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi

3. Jambu Air

Semua orang tahu buah ini, buah yang berwarna merah muda dan mengandung banyak air. Akan siapa sangka kalau jambu air mengandung banyak vitamin A dan C yang memiliki manfaat bagi ibu hamil. Terutama adalah untuk mengurangi dehidrasi, melancarkan pencernaan serta membantu memaksimalkan fungsi sel darah putih.

4. Stroberi

Stroberi kaya akan berbagai vitamin. Diantaranya adalah vitamin K, vitamin B5, B6, dan vitamin C. Bukan hanya itu karena di dalam stroberi juga mengandung magnesium dan juga asam lemak omega 3 yang banyak bermanfaat bagi ibu hamil. Stroberi bisa mencegah kecacatan pada janin dan mencegah kelahiran prematur.

5. Kurma

Selain sangat baik sebagai menu berbuka puasa, ternyata kandungan zat besi, kalium, gula, dan vitamin B kompleks yang ada pada kurma cukup bermanfaat untuk seorang ibu hamil muda. Bukan hanya saat hamil muda saja, akan tetapi saat semester akhir pun kurma memiliki manfaat untuk membantu memperkuat dinding rahim hingga masa persalinan tiba.

Artikel Terkait