invisible hit counter

Apa Itu Kehamilan Ektopik ?

Apa Itu Kehamilan EktopikKehamilan ektopik adalah kehamilan yang berkembang di luar rahim, biasanya didalam tuba falopi. Keadaan ini sangat membahayakan nyawa karena dapat menyebabkan pecahnya tuba falopi jika kehamilan berkembang. Perawatannya harus dilakukan dengan cara operasi atau melalui obat-obatan.

Salah satu penyebab kehamilan ektopik yang paling umum terjadi adalah kerusakan tuba falopi, misalnya karena inflamasi. Kerusakan ini akan menghalangi sel telur yang telah dibuahi untuk masuk ke rahim sehingga akhirnya menempel dalam tuba falopi itu sendiri atau organ lain. Di samping itu, kadar hormon yang tidak seimbang atau perkembangan abnormal semasa wanita sedang dalam kandungan juga terkadang dapat berperan sebagai pemicu. Penyebab lainnya seperti ibu pernah mengalami kehamilan ektopik sebelumnya atau memiliki riwayat kehamilan ektopik. Ibu pernah mengalami operasi pembedahan pada daerah sekitar tuba falopi, ibu pernah mengalami diethylstiboestrol selama masa kehamilan, kondisi tuba fallopi yang mengalami kelainan kongenital serta memiliki riwayat penyakit menular intimual seperti gonorrhea, klamidia dan PID.

Pada kasus kehamilan ektopik telah menimpa sekitar 1% dari seluruh kehamilan. Dalam hal ini kehamilan ektopik adalah suatu kondisi darurat yang membutuhkan pertolongan dengan cepat, karena apabila dibiarkan kondisi ini sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawa sang ibu. Kehamilan ektopik dapat menyebabkan perdarahan dalam rongga abdomen akan tetapi perdarahan yang terjadi bukan perdarahan keluar melainkan perdarahan di dalam sehingga akan membahayakan nyawa ibu. Dalam kasus kehamilan ektopik, janin kecil kemungkinannya untuk dapat berkembang dan bertahan hidup oleh sebab itu ibu harus segera mendapat pertolongan medis.

Faktor Pemicu Kehamilan Ektopik

Penyebab pasti dari tiap kehamilan ektopik terkadang sulit diketahui. Tetapi terdapat beberapa faktor risiko yang diduga dapat memicu kondisi ini. Faktor – faktor tersebut meliputi :

  • Pernah mengalami kehamilan ektopik

Wanita yang pernah mengalami kehamilan ektopik memiliki risiko 15-20 persen lebih tinggi untuk kembali mengalaminya.

  • Alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi spiral atau intrauterine device (IUD) diduga sebagai faktor pemicu utama sehubungan dengan kehamilan ektopik.

Artikel Terkait