invisible hit counter

Anjuran Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu HamilKehamilan biasanya adalah masa yang membahagiakan bagi seorang wanita, tetapi anda mungkin mengalami situasi yang menyebabkan anda sedikit terganggu. Salah satunya adalah rasa ketidaknyamanan saat anda tidur, sulit biasanya hal ini dialami oleh wanita yang sedang hamil besar. Dalam kasus ini sering dikeluhkan rasa sesak saat tidur telentang atau mengeluh kepanasan, sehingga membuat sang ibu akan sulit tidur meski sebenarnya dalam kondisi yang sangat mengantuk.

Hal tersebut harus segera diatasi, karena tidur malam itu sangat diperlukan oleh tubuh sang ibu untuk membentuk sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang sangat penting bagi wanita yang sedang hamil. Waktu tidur yang dibutuhkan adalah sekitar 7 sampai 9 jam setiap malamnya. Waktu tidur yang cukup bagi ibu hami dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan juga mengurangi rasa letih yang dialami setiap harinya.

Ada beberapa posisi tidur yang baik, yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Salah satunya adalah posisi tidur miring ke kiri. Posisi tidur ini sangat bermanfaat dan akan terasa nyaman bagi ibu hamil apalagi yang sudah memasuki trimester ke tiga. Posisi tidur miring ke kiri akan memaksimalkan aliran darah ke rahim, yang akan membawa lebih banyak oksigen dan nutrient ke tubuh bayi. Posisi ini juga menghilangkan tekanan pada vena kava dan meningkatkan aliran darah ke tungkai dan rahim. Selain itu, posisi tidur miring ke kiri juga mengoptimalkan kinerja ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu hamil yang akhirnya dapat meminimalisir resiko pembengkakan pada tangan dan kaki selama masa kehamilan.

Selain posisi tidur yang baik, ada beberapa tips bagi ibu hami untuk dapat meningkat kualitas tidurnya agar tetap nyaman dan dengan waktu yang cukup. Beberapa saran di bawah ini mungkin dapat anda lakukan untuk membantu para ibu hamil untuk mendapatkan kenyamanan bagi tidurnya selama masa kehamilan.

14 Anjuran Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

1. Gunakan bantalan kasur busa dan bantal ekstra untuk memberikan kenyamanan.

2. Tempatkan posisi kepala lebih tinggi agar cairan lambung tidak mengalir kembali ke kerongkongan.

3. Sebelum tidur malam, cobalah mandi dengan air hangat atau membasuh tubuh saja jika tidak ingin mandi. Mungkin anda bisa menambahkan sedikit essens aroma therapy untuk memberi efek relaks bagi anda.

4. Jangan terlalu makan dengan porsi banyak saat menjelang tidur malam, saat hamil biasanya muncul keinginan makan suatu makanan khusus atau bisa dikatakan mengidam di malam hari. Lebih baik jangan terlalu dituruti, anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi makanan ringan atau minum – minuman yang hangat.

Artikel Terkait