invisible hit counter

Amankah Menyusui Saat Hamil ?

Amankah Menyusui Saat HamilBaru saja melahirkan seorang bayi dan belum lama sedang menyusui dengan ASI eksklusif. Tapi tiba – tiba saja anda dinyatakan hamil lagi oleh dokter. Keadaan ini pasti membuat anda bertanya – tanya apakah diperbolehkan menyusui saat hamil ? apakah tidak berbahaya bagi kesehatan anda, janin dan bayi yang sedang disusui ?. Pasti pertanyaan – pertanyaan itu akan muncul pada benak anda sebagai seorang ibu.

Sebenarnya aman – aman saja menyusui saat hamil, asalkan dengan catatan kehamilan anda dinyatakan sehat oleh dokter. Menyusui disaat hamil memang harus mempertimbangkan kondisi kesehatan ibu, janin dan juga bayi yang menyusu. Apabila bayi anda telah mendapatkan makanan pendamping ASI, kecukupan nutrisi yang dibutuhkannya dapat terpenuhi dengan menu makan yang dikonsumsinya. Sedangkan untuk bayi yang masih mengkonsumsi ASI ekslusif sebaiknya diperhatikan pertumbuhannya terutama berat badan dan kondisi kesehatannya. Meskipun pada saat hamil anda mengalami beberapa keluhan salah satunya adalah rasa tidak nyaman pada payudara. Pada umum nya saat ibu hamil area puting susu akan mengalami perubahan lebih lunak sehingga sering kali lecet saat menyusui, dalam hal ini anda dapat menyisiati dengan mengatur saat menyusui dengan mencari posisi yang nyaman.

Tetapi sang ibu harus tetap mengantisipasi dan waspada dengan kondisi kehamilannya. Anda dapat terus menyusui jika kehamilan anda dinyatakan sehat oleh dokter. Selain itu ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan dikala menyusui saat hamil.

  1. Bagi ibu yang memiliki riwayat keguguran sebelumnya sebaiknya sangat memperhatikan kondisi kesehatan anda. Pada saat menyusui terjadi produksi hormon oksitosin yang akan menimbulkan kontraksi di bagian payudara dan rahim selama kehamilan.
  2. Kehamilan yang terjadi pada saat menyusui dikhawatirkan akan mengurangi gizi bagi ibu, janin dan bayi anda. Tetapi ibu tidak perlu khawatir asal dengan catatan ibu harus dapat memenuhi kebutuhan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi terutama makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral agar gizi tercukupi bagi ibu, bayi dan janin.
  3. Beberapa kondisi ibu hamil yang sedang menyusui kemungkinan mendapatkan produksi ASI yang berkurang hal ini dipengaruhi oleh faktor hormon ekstrogen yang meningkat dan membuat asi menjadi berubah bahkan berkurang.

Untuk menjaga kesehatan ibu maka ada juga perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Memperbanyak konsumsi air putih

Ibu harus memperbanyak konsumsi air putih dalam keadaan ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Sebab dehidrasi berdampak buruk bagi janin anda, kualitas ASI dan kesehatan ibu sendiri

Artikel Terkait