invisible hit counter

Alternatif Cara Agar Tidak Hamil

Methods-of-contraceptionSelain sebagai salah satu hal yang dirindukan oleh pasangan suami istri. Hamil juga terkadang menjadi sesuatu yang dihindari oleh sebagian pasangan lain, meskipun pasangan suami istri tersebut belum memiliki keturunan, namun jika seseorang yang menunda kehamilan sudah memiliki beberapa anak, maka hal ini sangatlah wajar. Berbagai alasan pun menjadi dasar penundaan kehamilan tersebut, seperti karir, dan lain-lain. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai cara agar tidak hamil yang dapat dilakukan oleh setiap pasangan suami istri guna membantu menunda kehamilan.

5 Langkah Umum Menunda Kehamilan

Secara umum, ada 5 cara yang dapat dilakukan guna mencegah atau menunda kehamilan. Apa saja?. Berikut ini ulasannya.

1. Sperma Jangan Masuk Ke Dalam Vagina

Kehamilan adalah sebagai hasil dari proses pembuahan yang dilakukan sperma terhadap sel telur wanita. Jika sperma berhasil masuk dan membuahi sel telur, maka istri anda akan hamil. Oleh sebab itu, salah satu langkah sederhana untuk mencegah atau menunda kehamilan adalah dengan tidak mengeluarkan sperma suami di dalam vagina istri, dengan kata lain sperma dikeluarkan di luar dan jangan sampai masuka. Langkah ini tergolong cukup efektif dan sangat masuk akal. Sebab pembuahan tidak akan terjadi tanpa adanya sperma yang masuk untuk membuahi. Namun, setiap pilihan selalu ada konsekuensinya. Sama halnya pada pilihan cara agar tidak hamil yang satu ini. Apa konsekuensinya?. Konsekuensi yang diterima adalah hanya sekedar efek psikologis, atau secara sederhana dapat dikatakan bahwa mengeluarkan sperma di luar akan menimbulkan efek berkurangnya kesan intim dan romantisme berhubungan.

2. Gunakan Pelindung (kondom)

Pelindung atau yang disebut dengan kondom ini terbukti cukup efektif dan aman untuk mencegah kehamilan. Fungsi kerjanya pun sangat sederhana, yaitu mencegah sperma agar meskipun keluar di dalam vagina namun terhadang dan tidak berhasil membuahi karena hanya keluar di dalam pelindung tersebut. Alat kontrasepsi ini cukup populer karena fungsinya yang cukup efektif dalam meminimalisir terjadinya kehamilan. Namun sama halnya seperti “cara agar tidak hamil” yang pertama – mengeluarkan sperma di luar – pelindung (kondom) juga memiliki efek atau konsekuensi. Efek yang ditimbulkan adalah berkurangnya kenikmatan dan sensasi berhubungan suami istri.

3. Pil KB, Efektif Mencegah Kehamilan

Sudah terbukti secara klinis bahwa pil KB adalah langkah yang dapat diambil sebagai salah satu cara agar tidak hamil. Pil KB merupakan salah satu pendukung program KB (keluarga berencana) yang mana sekarang banyak diterapkan di berbagai negara guna menekan pertumbuhan penduduk secara berlebihan. KB tidak hanya disuguhkan dalam bentuk pil KB saja, melainkan ada jenis lain dari KB, yaitu KB suntik. Pil KB pun terkadang menimbulkan efek yang (mungkin) tidak diinginkan oleh sebagian wanita. Yaitu dimana pil KB dapat memicu meningkatnya nafsu makan yang kemudian akan mengakibatkan bertambahnya berat badan. Namun, terlepas dari kegemukan yang dapat ditimbulkan, pil KB atau KB suntik telah terbukti mampu mencegah kehamilan tanpa harus mengurangi kesan intim atau pun kenikmatan berhubungan.

4. Mencegah Hamil Dengan Minuman Bersoda

Mekipun belum banyak kajian yang membahas bahwa minuman bersoda mampu mencegah kehamilan, namuan faktanya banyak orang yang percaya bahwa meminum minuman bersoda mampu mencegah hamil. Akan tetapi jika kita lihat dari sisi lain dimana minuman bersoda itu sendiri tidak baik bagi kesehatan, maka sebaiknya cara agar tidak hamil yang satu ini sebisa mungkin dihindari. Gunakanlah cara lain yang lebih aman untuk mencegah kehamilan sang istri.

5. Jangan Berhubungan di Masa Subur

Cara agar tidak hamil yang selanjutnya adalah menghindari berhubungan badan saat istri berada pada masa subur. Masa subur adalah masa yang sangat baik untuk peroses pembuahan, sebab di masa ini sel telur pada wanita akan memiliki tingkat kesuburan yang sangat baik sehingga memungkinkan pembuahan terjadi dengan lebih mudah. Sebaliknya, jika anda ingin menunda kehamilan, maka jangan berhubungan badan saat istri anda dalam masa subur. Konsultasikan ke dokter mengenai masa subur istri anda, jika sudah paham akan masa subur sang istri maka hindarilah berhubungan badan pada masa itu.

Bagaimana Mencegah Hamil dengan Sterilisasi?

Terlebih dahulu kita akan membahas secara singkat mengenai apa itu sterilisasi (steril). Sterilisasi adalah salah satu cara agar tidak hamil yang dapat dilakukan. Sterilisasi terbukti sangat efektif untuk mencegah hamil. Terdapat dua jenis sterilisasi yang dapat kita ketahui, yaitu sterilisasi pada wanita dan sterilisasi pada pria. Sterilisasi pada wanita disebut tubektomi, yaitu suatu tindakan operasi berupa pemotongan atau pengikatan kedua saluran telur wanita (tuba fallopi). Sedangkan sterilisasi yang dilakukan pada pria disebut vasektomi, yaitu tindakan penutupan dengan tekhnik pengikatan atau pemotongan yang dilakukan pada saluran sperma (vas diverens). Dengan demikian, sel telur dan sel sperma tak dapat bertemu yang kemudian tidak akan terjadi pembuahan. Namun, yang perlu diingat dan dijadikan pertimbangan bahwa sterilisasi adalah cara yang akan membuat anda tidak hamil secara permanen. Dengan kata lain, jika anda sudah steril, maka hal ini memungkinkan untuk anda tidak bisa hamil lagi. Sterilisasi mungkin cocok bagi sebagian pasangan yang sudah mempunyai anak dengan jumlah (yang dirasa) cukup, atau alasan lain seperti alasan kesehatan yang mengharuskan untuk sterilisasi. Akan tetapi, jika anda adalah pasangan muda yang belum memiliki anak dan hanya ingin menunda kehamilan dalam beberapa saat saja, maka sterilisasi tentu tidak cocok dijadikan pilihan.

Artikel Terkait